Mualo, Fajriasti (2021) Hubungan Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Daring di Kelas IV SDN 101896 Kiri Hulu Kecamatan Tanjung Morawa T.A 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1171111019_COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 1171111019_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (0B)
3. NIM. 1171111019_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
4. NIM. 1171111019_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
5. NIM. 1171111019_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
6. NIM. 1171111019_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7. NIM. 1171111019_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8. NIM. 1171111019_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9. NIM. 1171111019_BAB I.pdf - Published Version
Download (429kB) | Preview
13. NIM. 1171111019_BAB V.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
14. NIM. 1171111019_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
Abstract
Hasil belajar merupakan perubahan tingkah laku maupun kemampuan individu yang didapat dari proses pengalaman belajar itu sendiri. Hasil belajar dipengaruhi oleh faktor eksternal dan internal, salah satu faktor internal ialah kemandirian belajar. Kemandirian belajar adalah aktivitas belajar individu yang didorong oleh sikap inisiatif dan bertanggung jawab siswa dalam mengerjakan tugasnya sesuai kemampuannya. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui hubungan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar siswa kelas IV SDN 101896 Kiri Hulu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasional kuantitatif. Populasi penelitian ini sebanyak 116 orang dan sampel sebanyak 54 orang, instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji prasyarat analisis, uji hipotesis, uji korelasi serta koefisien determinasi. Hasil uji prasyarat analisis menunjukkan variabel X dan variabel Y berdistribusi normal, variabel X dan Y mempunyai persamaan regresi Y ̂ = 34,955 + 0,478X. Hasil perhitungan korelasi r sebesar 0.779, hasil uji signifikansi korelasi sebesar 0,000 < 0,05 yang berartikan signifikan. Hasil perhitungan koefisiensi determinasi menghasilkan rxy2= (0,779)2 x 100% = 0,6068, ini berarti sebesar 61% hasil belajar dipengaruhi oleh kemandirian belajar. Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar dalam pembelajaran daring di kelas IV SDN 101896 Kiri Hulu Kecamatan Tanjung Morawa T.A 2020/2021.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2021-PGSD-214 |
Keywords: | Kemandirian Belajar; Hasil Belajar; Regresi Dan Korelasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 25 Jan 2022 02:33 |
Last Modified: | 25 Jan 2022 02:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44936 |