MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MELALUI PERMAINAN MYSTERY BOX SISWA KELAS III SD NEGERI 106810 SAMPALI KEC. PERCUT SEI TUAN KAB. DELI SERDANG T.A 2019-2020

PUTRI, VANY WIDYA (2020) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MELALUI PERMAINAN MYSTERY BOX SISWA KELAS III SD NEGERI 106810 SAMPALI KEC. PERCUT SEI TUAN KAB. DELI SERDANG T.A 2019-2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 1161111105_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1161111105_COVER.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1161111105_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1161111105_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1161111105_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1161111105_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1161111105_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1161111105_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1161111105_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1161111105_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1161111105_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1161111105_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1161111105_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1161111105_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1161111105_DAFTAR GRAFIK.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1161111105_DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 1161111105_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 1161111105_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 1161111105_BAB I.pdf]
Preview
Text
10. NIM. 1161111105_BAB I.pdf - Published Version

Download (452kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 1161111105_BAB V.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 1161111105_BAB V.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM. 1161111105_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
15. NIM. 1161111105_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui bagaimana meningkatkan keterampilan membaca pemahaman pada pembelajaran tematik melalui permainan Mystery Box Siswa Kelas III SD Negeri 106810 Sampali, Kec. Percut Sei Tuan, Kab. Deli Serdang.
Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Ridwan dan Sudiran (2012:1) ide tentang penelitian tindakan, pertama kali dikembangkan oleh Kurt Lewin pada tahun1946, yang memperkenalkan 4 langkah PTK, yakni: perencanaa, tindakan, observasi, dan refleksi.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 106810
Sampali, Kec. Percut Sei Tuan, Kab. Deli Serdang yang berjumlah 19 Siswa yang terdiri dari 12 Siswa laki-laki dan 7 Siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi yaitu pengamatan yang meliputi kegiatan pemusatan perhatian terhadap sesuatu objek dengan
menggunakan seluruh alat indra, tes yaitu serentetan pertanyaan atau latihan serta alat lain yang digunakan untuk mengukur keterampilan, pengetahuan intelegensi, kemampuan atau bakat yang dimiliki oleh individu atau kelompok, dan dokumentasi yaitu menyelidiki benda-benda tertulis seperti buku-buku, majalah, dokumen, peraturan, notulen rapat, catatan harian dan sebagainya.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu secara deskriptif kuantitatif untuk mengetahui data hasil penelitian.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa permainan Mystery Box dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa pada pembelajaran tematik siswa kelas III SD Negeri 106810 Sampali. Hasil penelitian menunjukkan perubahan sikap dan perilaku siswa kearah yang lebih baik seperti siswa menjadi aktif dan antusias dalam meningkatkan keterampilan belajarnya.Suasana dalam kegiatan pembelajaran pun terlihat kondusif, aktif, dan lebih menyenangkan.Hal itu tak lepas dari kegiatan guru dalam pembelajaran tematik yang menunjukkan bahwa kegiatan guru berjalan dengan baik sesuai langkah-langkah pembelajaran tematik dan guru memberikan bimbingan kepada siswa untuk meningkatkan keterampilan belajar siswa. Hasil tes keterampilan membaca pemahaman siswa menggunakan permainan Mystery Box pra tindakan dan siklus I. pada pra tindakan, persentase hasil observasi keterampilan membaca pemahaman siswa yang berada pada kategori baik hanya sebesar 26,32%. Pada siklus I hasil tes
keterampilan membaca pemahaman siswa meningkat menjadi 73,69%, sehingga persentase peningkatan antara pra tindakan dan siklus I sebesar 47,37%,. Pada siklus II meningkat menjadi 89,47%, sehingga persentase peningkatan antara siklus I ke siklus II meningkat sebesar 15,78%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Permainan Mystery Box, Keterampilan Membaca Pemahaman
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 25 Jan 2022 04:22
Last Modified: 25 Jan 2022 04:22
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44927

Actions (login required)

View Item
View Item