Sidauruk, Eko Elkana (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Website 2 Apk Builder Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas Iv Sdn 6 Simarmata T.A 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1173111020_COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 1173111020_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (0B)
3. NIM. 1173111020_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
4. NIM. 1173111020_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
5. NIM. 1173111020_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
6. NIM. 1173111020_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
7. NIM. 1173111020_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 1173111020_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
9. NIM. 1173111020_BAB I.pdf - Published Version
Download (353kB) | Preview
13. NIM. 1173111020_BAB V.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
14. NIM. 1173111020_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
Abstract
Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah belum adanya media pembelajaran yang diterapkan pada mata pelajaran matematika materi luas dan keliling segitiga selama pembelajaran daring di SD N 6 Simarmata, sehingga diperlukan inovasi media pembelajaran yang dapat digunakan peserta didik secara mandiri dalam meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada materi luas dan keliling segitiga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektivitasan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi website 2 APK builder pada mata pelajaran matematika materi luas dan keliling segitiga di kelas IV SDN 6 Simarmata. Penelitian ini merupakan penelitian Research & Development (R&D) versi Borg & Gall yang dibatasi pada 6 tahap. Tahap-tahap tersebut meliputi: 1) Potensi dan Masalah, 2) Mengumpulkan Informasi, 3) Desain Produk, 4) Validasi Desain, 5) Revisi Desain, 6) Uji Coba Produk. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket dan test. Angket ditujukan kepada validator ahli materi, ahli media dan ahli praktisi pendidikan. Test diuji cobakan kepada peserta didik kelas IV yang berjumlah 10 orang. Hasil penelitian ini telah menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi android dengan hasil validasi oleh ahli materi memperoleh skor akhir sebesar 43 dengan persentase kelayakan sebesar 76,8% dengan kriteria “Sangat Layak”. Hasil validasi oleh ahli media memperoleh skor akhir sebesar 61 dengan persentase kelayakan sebesar 89,7% dengan kriteria “Sangat Layak”. Hasil validasi oleh ahli praktisi pendidikan memperoleh skor sebesar 53 dengan persentase kelayakan sebesar 77,9% dan masuk kriteria “Sangat Layak”. Sedangkan hasil dari test peserta didik yang memenuhi nilai ketuntasan atau KKM pada tahap pre-test sebesar 40% atau sebanyak 4 orang dan yang tidak memenuhi KKM sebanyak 6 orang dengan persentase sebesar 60%. Sedangkan pada tahap post-test jumlah peserta didik yang memenuhi KKM sebanyak 8 orang dengan persentase sebesar 80% dan yang tidak memenuhi KKM sebanyak 2 orang dengan persentase sebesar 20%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2021-PGSD-185 |
Keywords: | Media Pembelajaran; Mata Pelajaran Matematika Pokok; Rancangan Desain Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Android |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 24 Jan 2022 03:47 |
Last Modified: | 24 Jan 2022 03:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44907 |