SINAGA, LISDAWATI (2020) ANALISIS KESULITAN GURU DALAM MEMBELAJARKAN SISWA PADA MASA WABAH VIRUS CORONA DI SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN SITIOTIO KABUPATEN SAMOSIR. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1161111058 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
2. NIM. 1161111058 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
3. NIM. 1161111058 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
4. NIM. 1161111058 PREFACE.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
5. NIM. 1161111058 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
6. NIM. 1161111058 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
7. NIM. 1161111058 LIST OF PICTURE.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8 . NIM. 1161111058 LIST OF ENCLOSURE.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
9. NIM 1161111058 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
13. NIM 1161111058 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
14. NIM 1161111058 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Kesulitan Guru dalam Membelajarkan Siswa pada Masa Wabah Virus Corona Di Sekolah Dasar Se- Kecamatan Sitiotio Kabupaten Samosir.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah dengan penggunaan angket/kuesioner. Subjek dalam penelitian ini yakni seluruh guru kelas SD Negeri 7 Tamba Dolok, SD Negeri 9 Cinta Maju, SD Negeri 6 Parsaoran, SD Negeri 13 Parsaoran.yang berjumlah 30 guru. Analisis terhadap angket atau kuesioner dilakukan dengan sistem skala Guttman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Analisis guru membelajarkan siswa pada masa wabah virus corona yaitu Aspek pembelajaran menggunakan aplikasi whatsapp diperoleh rata-rata 0,6 yang dipersentasekan menjadi 60% sehingga dikategorikan masuk interpretasi tinggi. Aspek bahan ajar dan metode ajar dalam
pembelajaran menggunakan aplikasi whatsapp diperoleh rata-rata 0,48 yang dipersentasekan menjadi 48% sehingga dikategorikan masuk interpretasi cukup. Aspek pemberian tugas dalam proses pembelajaran menggunakan aplikasi whatsapp diperoleh rata-rata 0,48 yang dipersentasekan menjadi 48% sehingga dikategorikan masuk interpretasi cukup. Aspek akses internet dan fasilitas dalam proses pembelajaran menggunakan aplikasi whatsapp diperoleh rata-rata 0,35 yang dipersentasekan menjadi 35% sehingga dikategorikan masuk interpretasi cukup. Kemudian berdasarkan total jumlah perolehan semua aspek diperoleh
persentase 45% dan dikategorikan cukup. Dengan ini disimpulakan bahwa guru kelas SD Negeri 7 Tamba Dolok, SD Negeri 9 Cinta Maju, SD Negeri 6 Parsaoran, SD Negeri 13 Parsaoran yang berjumlah 30 guru cukup kesulitan dalam menerapkan pembelajaran menggunakan aplikasi whatsapp dilihat dari 4 aspek yaitu: Aspek pembelajaran menggunakan aplikasi whatsapp, Aspek bahan ajar dan metode ajar dalam pembelajaran menggunakan aplikasi whatsapp, Aspek pemberian tugas dalam proses pembelajaran menggunakan aplikasi whatsapp, Aspek akses internet dan fasilitas dalam proses pembelajaran menggunakan aplikasi whatsapp.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Analisis, Guru, Membelajarkan,Virus Corona |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 24 Jan 2022 08:45 |
Last Modified: | 24 Jan 2022 08:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44905 |