Lubis, Devita Sari (2021) Profesionalisme Guru: Studi Tentang Kompetensi Pedagogis Guru di SDN Kecamatan Medan Polonia Maimun T.A 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1171111102_COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 1171111102_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
3. NIM. 1171111102_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
4. NIM. 1171111102_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
5. NIM. 1171111102_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
6. NIM. 1171111102_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
7. NIM. 1171111102_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8. NIM. 1171111102_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 1171111102_BAB I.pdf - Published Version
Download (341kB) | Preview
13. NIM. 1171111102_BAB V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
14. NIM. 1171111102_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaaan kompetensi pedagogis antara guru PNS yang sudah bersertifikat dengan guru honorer yang belum bersertifikat pendidik dalam perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran di SDN Kecamatan Medan Polonia Maimun T.A 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek empat guru PNS bersertifikat dan empat guru honorer yang belum bersertifikat. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan model analisis data Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat sedikit perbedaan kompetensi pedagogis antara guru PNS yang bersertifikat dan guru honorer yang belum bersertifikat di SDN Kecamatan Medan Polonia Maimun. Adapun komponen-komponennya sebagai berikut: 1. Perencanaan pembelajaran masih terdapat guru PNS bersertifikat tidak merancang pembelajaran seperti menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Sedangkan guru honorer dalam perencanaan sudah merancang pembelajaran dengan menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dengan melihat internet mengacu pada pedoman kurikulum 2013 yang disesuaikan dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan. 2. Pelaksanaan pembelajaran masih terdapat guru PNS yang hanya menggunakan metode ceramah di dalam kelas sehingga membuat peserta didik bosan dan tidak aktif di dalam kelas. Selanjutnya hanya beberapa guru PNS yang menggunakan media pembelajaran berupa power point. Sedangkan untuk guru honorer dalam pelaksanaan sudah menggunakan beberapa metode pembelajaran sehingga membuat peserta didik aktif, dan guru honorer sudah menggunakan media pembelajaran di dalam kelas berupa video dan power point. 3. Penilaian dan evaluasi pembelajaran baik guru PNS bersertifikat dan guru honorer sama-sama sudah melakukan kegiatan penilaian dan evaluasi. Adapun penilaian yang dilakukan yaitu penilaian sikap, penilaian pengetahuan, dan penilaian keterampilan. Evaluasi pembelajaran guru PNS maupun guru honorer melaksanakan di dalam kelas berupa evaluasi berbentuk tulisan ataupun lisan yang dilaksanakan di akhir pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2021-PGSD-213 |
Keywords: | Profesionalisme Guru; Guru Honorer; Kompetensi Guru; Kompetensi Pedagogis |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 24 Jan 2022 03:21 |
Last Modified: | 24 Jan 2022 03:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44901 |