Meiridayani (2014) HUBUNGAN KEPEMIMPINAN SITUASIONAL KEPALA SEKOLAH DAN BUDAYA ORGANISASI DENGAN KEPUASAN KERJA GURU DI SMA NEGERI KOTA BINJAI. Masters thesis, UNIMED.
1. 8126132017 Cover.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
2. 8126132017 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
3. 8126132017 Abstrak.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
4. 8126132017 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
5. 8126132017 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
6. 8126132017 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
7. 8126132017 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
8. 8126132017 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
9. 8126132017 Bab I.pdf - Published Version
Download (380kB) | Preview
10. 8126132017 Bab V.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
11. 8126132017 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan kepemimpinan situasional kepala sekolah dengan kepuasan kerja guru, hubungan yang signifikan budaya organisasi dengan kepuasan kerja guru, dan untuk mengetahui hubungan yang signifikan kepemimpinan situasional kepala sekolah dan budaya organisasi secara bersama-sama dengan kepuasan kerja guru di SMA Negeri Kota Binjai. Penelitian ini menggunakan statistik korelasional dengan responden sebanyak 176 guru SMA Negeri Kota Binjai. Pengumpulan data kepemimpinan situasional kepala sekolah, budaya organisasi dan kepuasan kerja guru diperoleh melalui kuesioner.Berdasarkan hasil analisis korelasi sederhana dan korelasi parsial ditemukan hubungan yang positif dan berarti antara variabel kepemimpinan situasional kepala sekolah dengan kepuasan kerja guru di sekolah. Hal ini dapat dilihat dari besarnya korelasi sederhana antara X1 dengan Y sebesar 0,475 sedangkan rTabel N= 176 pada taraf 5% sebesar 0,1470. Dengan harga rhitung 0,475 diperoleh thitung=7,126. Harga thitung untuk N=176 pada taraf 5% adalah 1,645. Harga rhitung>rTabel (0,475>0,147). Selanjutnya dilakukan uji keberartian dengan menggunakan uji- t. Harga thitung>tTabel (7,126>1,645).Dari analisis korelasi sederhana dan korelasi parsial ditemukan hubungan yang positif dan berarti antara budaya organisasi dengan kepuasan kerja guru di sekolah. Hal ini dapat dilihat dari besarnya korelasi sederhana antara X2 dengan Y sebesar 0,377 sedangkan rTabel N= 176 pada taraf 5% sebesar 0,147. Dengan harga rhitung 0,377diperoleh thitung=5,366. Harga thitung untuk N=176 pada taraf 5% adalah 1,6450. Harga rhitung>rtabel (0,377>0,147). Selanjutnya dilakukan uji keberartian dengan menggunakan uji- t. Harga thitung>tTabel (5,366>1,640).Dari analisis korelasi ganda diperoleh hasil korelasi Ry(1,2) = 0,5701, sedangkan rTabel dengan N=176 taraf 5% sebesar 0,147. Berarti bahwa rhitung>rtabel (0,5701>0,147. Selanjutnya dilakukan uji keberartian korelasi dengan menggunakan uji-F dengan harga rhitung = 0,5701 diperoleh Fhitung = 31,786. Harga Ftabel untuk N=176 pada taraf 5% adalah 3,110, berarti Fhitung>Ftabel (31,786>3,110), oleh karena itu Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian dapat dikemukakan kesimpulan terdapat hubungan positif yang signifikan dan berarti antara kepemimpinan situasional kepala sekolah dengan kepuasan kerja guru di SMA Negeri Kota Binjai. Terdapat hubungan positif dan signifikan dan berarti antara budaya organisasi dengan kepuasan kerja guru di SMA Negeri Kota Binjai. Semakin baik budaya organisasi maka semakin meningkat kepuasan kerja guru. Terdapat hubungan positif yang signifikan dan berarti antara kepemimpinan situasional kepala sekolah dan budaya organisasi dengan kepuasan kerja guru di SMA Negeri Kota Binjai. Semakin baik kepemimpinan situasional kepala sekolah dan budaya organisasi maka semakin meningkat kepuasan kerja guru di SMA Negeri Kota Binjai.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.207 Mei h |
Keywords: | Kepuasan kerja; Kepemimpinan situasional; Kepala sekolah; Budaya organisasi; Guru |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management H Social Sciences > HM Sociology > HM706 Social structure L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 02 May 2016 17:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4490 |