Naibaho, Cindy Laurencya (2021) Analisis Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika dengan Model Project Based Learning Kelas V SD Negeri 101767 Tembung Kecematan Percut Sei Tuan T.A 2020/20201. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1162311003_COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 1162311003_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
3. NIM. 1162311003_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
4. NIM. 1162311003_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
5. NIM. 1162311003_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
6. NIM. 1162311003_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
7. NIM. 1162311003_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8. NIM. 1162311003_DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
9. NIM. 1162311003_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
10. NIM. 1162311003_BAB I.pdf - Published Version
Download (452kB) | Preview
14. NIM. 1162311003_BAB V.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
15. NIM. 1162311003_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi kurang maksimalnya pelaksanaan pembelajaran daring di sekolah dasar SD Negeri 101767 Tembung Kecamatan Percut Sei Tuan ditengah pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan kesulitan pembelajaran daring dengan model project based learning pada mata pelajaran matematikan pada tema 7 Pengumpulan data,untuk mengetahui apa saja faktor yang mempengaruhi kesulitan guru dan siswa kelas v dalam menerapkan pembelajaran daring dengan model project based learning pada mata pelajaran matematika di SD Negeri 101767 Tembung kecamatan Percut Sei Tuan TA 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah Guru Kelas SD Negeri Tembung Kecamatan Percut Sei Tuan dan siswa dengan sampel guru kelas V berjumlah 2 orang yang terdiri dari dua guru perempuan dan siswa kelas V berjumlah 42 Orang yang terdiri 2 kelas yaitu 16 perempuan dan 28 laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket yang berjumlah 25 butir bagi guru dan 5 Lembar Kerja Siswa bagi siswa. Teknik analisa data adalah analisa data kuantitatif-deskriptif yang kemudian di interprestasikan dalam bentuk presentase. Penelitian menunjukan bahwa tingkat kesulitan guru dalam menerapkan pembalajaran daring khususnya pada pelajaran matematika pada tema 7 Pengumpulan Data pada kategori sulit dengan presentase 83,33% dengan jumlah 2 responden. Faktor yang mempengaruhi guru kelas dalam pembalajaran daring khususnya pada pelajaran matematika pada tema 7 Pengumpulan data adalah faktor guru dengan kategori sangat sulit 83,33% sedangkan faktor siswa 16,67% dengan jumlah dua responden. Keterbatasan alat komunikasi yang dimiliki peserta didik, lemahnya jaringan, kurangnya faktor partisipasi orangtua dan sulitnya siswa memahami materi secara daring menjadi faktor penghambat dalam pelaksanaan proses belajar. Dengan demikian guru masih mengalami kesulitan dalam menerapkan pembelajaran daring dan siswa sulit memahami materi dengan presentase 95,24% sebanyak 40 dari 42 siswa tidak mencapai KKM atau bisa dikatakan tidak tuntas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2021-PGSD-250 |
Keywords: | Project Based Learning; Pembelajaran Daring; Hakikat Belajar; Model Pembelajaran; Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education > LC37 Home education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 24 Jan 2022 03:05 |
Last Modified: | 24 Jan 2022 03:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44892 |