SIMATUPANG, UMY NADRAH (2020) ANALISIS PENGENALAN KONSEP FUN MATH MELALUI KEGIATAN MERONCE DI KELURAHAN SEI KERA HULU KECAMATAN MEDAN PERJUANGAN KOTA MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1161113042 COVER.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
2. NIM. 1161113042 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (411kB) | Preview
3. NIM. 1161113042 ABTRACT.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
4. NIM. 1161113042 PREFAACE.pdf - Published Version
Download (366kB) | Preview
5. NIM. 1161113042 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (420kB) | Preview
6. NIM. 1161113042 TABLES.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
7. NIM. 1161113042 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
8. NIM. 1161113042 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
9. NIM. 1161113043 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (590kB) | Preview
13. NIM. 1161113042 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
14. NIM. 1161113042 BIBLIORAPHY.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi terkait dengan pengenalan konsep fun math atau matematika menyenangkan melalui kegiatan meronce di Kelurahan Sei Kera Hulu Kecamatan Medan Perjuangan Kota Medan. Ditemukannya masalah dalam penelitian ini adalah anak belum sepenuhnya mendapatkan pembelajaran yang utuh, terutama dalam cabang matematika. Anak hanya sekedar mendapatkan pembelajaran, tetapi konsep pembelajaran yang didapatkan belum sepenuhnya menyenangkan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, yaitu metode penelitian yang berusaha mengumpulkan data secara naratif dalam bentuk kata-kata dari kegiatan yang dianalisis. Penelitian ini dilaksanakan di Kelurahan Sei Kera Hulu Kecamatan Medan Perjuangan Kota Medan, dan obyek yang diteliti terbatas pada anak-anak yang berusia 4-5 tahun dan berjumlah sepuluh orang anak. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Penelitian ini memiliki dua variabel. Variabel pertama adalah konsep fun math, dan variabel yang kedua adalah meronce. Konsep fun math atau matematika yang menyenangkan adalah kegiatan belajar konsep matematika yang telah dirancang sedemikian rupa melalui aktivitas bermain dengan menggunakan benda-benda konkret yang memiliki unsur kreativitas dan dapat meningkatkan kecerdasan logika pada anak. Adapun meronce adalah kegiatan menyusun benda-benda, yang bersifat konkret, yakni bentuk-bentuk geometri, seperti segitiga, segiempat, persegi panjang, dan lain sebagainya dengan unsur keindahan.
Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa dengan mengenalkan kepada anak konsep fun math atau matematika menyenangkan melalui kegiatan meronce, merupakan cara yang sederhana dan mudah dalam memahami matematika dasar. Adapun melalui kegiatan meronce tersebut, anak dapat mengetahui bentuk-bentuk geometri dengan menggunakan benda-benda konkret. Anak dapat mengasah kecerdasan logikanya, karena selain mereka mengetahui bahwa itu merupakan benda-benda konkret, mereka juga dapat menghitung berapa jumlah roncean yang dimasukkan ke dalam tali.
Hasil perolehan data yang bertujuan untuk mengetahui partisipasi keaktifan anak pada pengenalan konsep fun math melalui kegiatan meronce dalam hal ini adalah 90% yang memiliki penafsiran hasil perhitungan dengan prosentase tergolong baik.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa pengenalan konsep fun math atau matematika menyenangkan melalui kegiatan meronce dapat membangun konsep belajar yang menyenangkan dan memberikan pengetahuan kepada anak terkait matematika dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | fun math, meronce |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 24 Jan 2022 02:58 |
Last Modified: | 24 Jan 2022 02:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44886 |