GULTOM, JESI ROULI (2020) STUDI EMPATI ANAK USIA DINI 4-5 TAHUN TERHADAP TEMAN SEKELAS DI TK NEGERI PEMBINA TANJUNG MORAWA T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1163113017 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 1163113017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (517kB) | Preview
3. NIM. 1163113017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4. NIM. 1163113017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (325kB) | Preview
5. NIM. 1163113017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
6. NIM. 1163113017 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 1163113017 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 1163113017 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 1163113017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (398kB) | Preview
13. NIM. 1163113017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
14. NIM. 1163113017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persentase empati setiap anak usia dini 4-5 tahun dan rata-rata persentase keseluruhan anak usia dini 4-5 tahun terhadap teman sekelas di TK Negeri pembina Tanjung Morawa. Populasi dalam penelitian ini adalah semua anak usia dini 4-5 tahun di TK Negeri Pembina Tanjung Morawa yang berjumlah 14 anak. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh. Sumber data pendukung dalam penelitian ini diperoleh dari guru dan orang tua anak usia dini 4-5 tahun. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan angket. Sementara teknis analisis data yang digunakan dengan perhitungan persentase (tabulasi, mengetahui persentase anak, mengetahui kriteria persentase empati). Hasil penelitian menunjukkan bahwa empati anak usia dini 4-5 tahun tergolong dalam kriteria mulai berkembang dengan rata-rata persentase 59,22%. Terdapat tiga anak yang memiliki kemampuan empati berkembang sesuai harapan dengan persentase 21,42%, delapan anak memiliki kemampuan empati mulai berkembang dengan persentase 57,14%, dan terdapat tiga anak yang empatinya belum berkembang dengan persentase 21,42%, serta belum terdapat anak yang memiliki kemampuan empati berkembang sangat baik dengan persentase 0%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | empati, anak usia dini 4-5 tahun |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 24 Jan 2022 02:12 |
Last Modified: | 24 Jan 2022 02:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44878 |