Primsa, Adha Rini (2021) Hubungan antara Budi Pekerti dengan Hasil Belajar PPKn Peserta Didik Kelas V SD Negeri 068003 Kecamatan Medan Tuntungan T.A 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1173311005_COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 1173311005_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (328kB) | Preview
3. NIM. 1173311005_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
4. NIM. 1173311005_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
5. NIM. 1173311005_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
6. NIM. 1173311005_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 1173311005_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 1173311005_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 1173311005_BAB I.pdf - Published Version
Download (365kB) | Preview
13. NIM. 1173311005_BAB V.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
14. NIM. 1173311005_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
Abstract
Budi pekerti merupakan moralitas yang mencakup sikap dan perilaku seseorang, sedangkan PPKn mengandung unsur pokok pendidikan nilai dan moral. Salah satu cara mengukur tingkat keberhasilan pembelajaran dan pemahaman siswa dalam mata pelajaran PPKn adalah dengan melihat hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah hubungan yang signifikan antara budi pekerti dengan hasil belajar PPKn siswa kelas V SD Negeri 068003 Kecamatan Medan Tuntungan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan jenis penelitian kolerasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas Vb SD Negeri 068003 Kecamatan Medan Tuntungan yang berjumlah 24 siswa. Sampel penelitian ini 24 siswa, diambil menggunakan teknik Total Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Uji instrument menggunakan uji validitas dan uji reabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara budi pekerti dan hasil belajar PPKn peserta didik kelas V SD Negeri 068003 Kecamatan Medan Tuntungan. Hal ini tampak pada perolehan koefisien korelasi 0, 893 lebih besar dari r_tabel 0,404, dengan interpretasi (tingkat hubungan) kuat. Simpulan penelitian ini adalah ada hubungan yang signifikan antara budi pekerti dengan hasil belajar PPKn siswa kelas V SD Negeri 068003 Kecamatan Medan Tuntungan. Berdasarkan simpulan penelitian yang menunjukkan adanya hubungan antara budi pekerti dengan hasil belajar PPKn peserta didik, guru sekolah diharapkan menumbuhkan budi pekerti siswa serta meningkatkan ketercapaian hasil belajar PPKn peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2021-PGSD-186 |
Keywords: | Budi Pekerti; Hasil Belajar; Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 21 Jan 2022 03:22 |
Last Modified: | 21 Jan 2022 03:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44846 |