Hasibuan, Winda Sari (2021) Studi Kasus Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun di RA Darussalam Kab. Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1163313041_COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM. 1163313041_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
3. NIM. 1163313041_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
4. NIM. 1163313041_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
5. NIM. 1163313041_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
6. NIM. 1163313041_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
7. NIM. 1163313041_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 1163313041_BAB I.pdf - Published Version
Download (409kB) | Preview
12. NIM. 1163313041_BAB V.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
13. NIM. 1163313041_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian Studi Kasus Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun di RA Darussalam Kab. Mandailing Natal T.A 2020/2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berhitung, kesulitan yang dihadapi anak dan apa upaya guru dalam membantu kesulitan berhitung anak usia 5-6 tahun di RA Darussalam Kab. Mandailing Natal T.A 2020/2021. Jenis Penelitian pada peneliti ini yaitu menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan ciri-ciri kemampuan anak usia 5-6 tahun yang meliputi 4 ciri-ciri yaitu : mampu mengelompokkan pola dan warna dan dapat mulai menjumlahkan dan mengurani angka. Penelitian deskriptif kualitatif, berupaya untuk mengungkapkan permasalah sesuai dengan konteksnya dengan memanfaatkan diri peneliti sebagai instrumen. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelompok B sebanyak 2 orang dan 4 orang anak di kelas B yang berusaha 5-6 tahun di RA Darussalam Kab. Mandailing Natal. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Hasil penelitian yaitu pada ciri-ciri kemampuan berhitung dari 4 anak, hasil penelitian yang dilakukan terdapat jumlah kemampuan berhitung pada ciri-ciri kemampuan berhitung anak kelompok B di RA Darussalam yaitu : Responden A masuk dalam kategori MB (Mulai Berkembang), Responden B masuk dalam kategori BSH (Berkembang Sesuai Harapan), Responden C masuk dalam kategori MB (Mulai Berkembang) dan yang terakhir Responden D masuk dalam kategori BB (Belum Berkembang).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2021-PAUD-090 |
Keywords: | Kemampuan Berhitung; Anak Usia 5-6 Tahun; Kesulitan yang dihadapi Anak; Upaya Guru Membantu Kesulitan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 21 Jan 2022 02:58 |
Last Modified: | 21 Jan 2022 02:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44837 |