AISYAH, SITI (2020) PEMBERDAYAAN REMAJA PUTRI DALAM PELATIHAN MENGOLAH DAUN PANDAN MENJADI TIKAR MOTIF ACEH (Studi Pada Remaja Desa Matang Rayeuk Kecamatan Idi Timur). Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1164471002_COVER.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
2. NIM. 1164471002_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (586kB) | Preview
3. NIM. 1164471002_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (452kB) | Preview
4. NIM. 1164471002_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (957kB) | Preview
5. NIM. 1164471002_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (449kB) | Preview
6. NIM. 1164471002_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
7. NIM. 1164471002_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
8. NIM. 1164471002_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
9. NIM. 1164471002_BAB I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM. 1164471002_BAB V.pdf - Published Version
Download (449kB) | Preview
14. NIM. 1164471002_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (688kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah banyaknya remaja putri Desa Matang Rayeuk Kecamatan Idi Timur yang menikah pada usia dini, minimnya sikap peduli remaja putri terhadap lingkungan: baik lingkungan alam maupun sosial, banyak remaja putri yang menganggur serta buruknya pengetahuan dan kempuan remaja putri tentang nilai budaya daerah yang semestinya tetap dijaga dan dilestarikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses dan hasil pemberdayaan Remaja Putri di Desa Matang Rayeuk Kecamatan Idi Timur dalam pelatihan mengolah daun pandan menjadi tikar Motif Aceh.
Teori pemberdayaan yang digunakan adalah teori Mustafa Kamil (dalam Sudirman, 2014) yang menyatakan bahwa pelatihan ialah proses pembelajaran untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan dalam bentuk pemberdayaan. Teori ini menerangkan bahwa pemberdayaan merupakan proses pemberian pengetahuan, keterampilan dan kemampuan kepada individu atau masyarakat untuk meningkatkan kualitas hidup dan lingkungannya.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen model desain One-Shot Case Study. Sampel penelitian yang diambil berjumlah 30 orang dengan kriteria: perempuan dan berusia 15-19 tahun. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, yaitu observasi proses dan hasil pelatihan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah statistik deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, uji normalitas dan uji t untuk menguji hipotesis.
Hasil dan pembahasan penelitian menjelaskan bahwa proses pelatihan mengolah daun pandan menjadi tikar Motif Aceh terdiri atas 2 tahapan yaitu: 1) proses mengolah daun pandan menjadi serutan pandan; dan 2) proses mengolah serutan pandan menjadi tikar. Keterampilan Remaja Putri Desa Matang Rayeuk Kecamatan Idi Timur dalam mengolah daun pandan menjadi tikar masing-masing memiliki skor rata-rata 2,65 (tahap I) dan 2,60 (Tahap II) dengan level cakap. Hasil akhir keterampilan Remaja Putri Desa Matang Rayeuk Kecamatan Idi Timur dalam mengolah daun pandan menjadi tikar Motif Aceh memiliki skor rata-rata 2,63 dan tergolong dalam level cakap.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pemberdayaan Remaja Putri, Pelatihan Mengolah Daun Pandan, Tikar Motif Aceh. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC3950 Exceptional children and youth. Special education > LC3991 Gifted children and youth |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 21 Jan 2022 02:14 |
Last Modified: | 21 Jan 2022 02:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44797 |