Sitorus, Miftahul Qomairoh (2021) Pengaruh Bimbingan Belajar Orang Tua terhadap Hasil Belajar Siswa SD Negeri 173662 Nagatimbul, Desa Sibadihon, Kec. Bonatua Lunasi T.A. 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1171111035_COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 1171111035_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
3. NIM. 1171111035_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
4. NIM. 1171111035_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
5. NIM. 1171111035_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
6. NIM. 1171111035_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7. NIM. 1171111035_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8. NIM. 1171111035_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 1171111035_BAB I.pdf - Published Version
Download (483kB) | Preview
13. NIM. 1171111035_BAB V.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
14. NIM. 1171111035_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bimbingan belajar orang tua terhadap hasil belajar mata pelajaran matematika SD Negeri 173662 Nagatimbul, Desa Sibadihon, Kec.Bonatua Lunasi T.A. 2020/2021”. Jenis penelitian yang dilakukan adalah ex post facto dengan analisis kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas V di SD Negeri 173662 Nagatimbul sebanyak 39 orang. Penetapan sampel penelitian ini sebanyak 39 orang, Peneliti menetapkan 100% dari jumlah populasi sebagai sampel dikarenakan jumlah populasi yang relatif kecil dengan teknik pengambilan sampel yaitu sampling jenuh. Untuk memperoleh data yang diperlukan, maka dalam penelitian ini peneliti menggunakan alat pengumpulan data berupa dokumentasi untuk pengambilan hasil belajar matematika siswa serta angket bimbingan belajar orang tua. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan persyaratan analisis dengan uji normalitas, uji linieritas dan uji homogenitas. Sedangkan uji hipotesis dengan regresi linear sederhana, uji koefisien sederhana (uji t), dan uji koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan, terdapat pengaruh positif dan signifikan pada: 1) Bimbingan Belajar Orang Tua terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa, dengan nilai thitung > ttabel (3.740 > 1.687) dan nilai signifikansi 0,001 < 0,05. 2) Penelitian ini menunjukkan nilai R2 sebesar 0,400 artinya bahwa Bimbingan Belajar Orang Tua memberikan sumbangan pengaruh sebesar 40% terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 173662 Nagatimbul. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan pada Bimbingan Belajar Orang Tua terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 173662 Nagatimbul, Desa Sibadihon, Kec. Bonatua Lunasi T.A. 2020/2021. Dimana semakin baik bimbingan belajar orang tua maka semakin baik pula Hasil Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2021-PGSD-236 |
Keywords: | Bimbingan Belajar Orang Tua; Hasil Belajar; Mata Pelajaran Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 20 Jan 2022 03:09 |
Last Modified: | 20 Jan 2022 03:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44778 |