LISTYANIFA, AYU (2020) ANALISIS PELAKSANAAN PROGRAM KESETARAAN PAKET C DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) LASKAR PELANGI DESA TANJUNG REJO KECAMATAN PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1.NIM. 1162171010 COVER.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
2.NIM 1162171010 LEMBAR PERSETUJUAN-dikonversi.pdf - Published Version
Download (666kB) | Preview
3.NIM. 1162171010 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (369kB) | Preview
4.NIM.1162171010 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (646kB) | Preview
5.NIM. 1162171010 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (406kB) | Preview
6. 1162171010 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
7.NIM.1162171010 BAB I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
11. NIM. 1162171010 BAB V.pdf - Published Version
Download (503kB) | Preview
12. NIM. 1162171010 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan permasalahan Ketidaksesuaian antara data jumlah warga belajar yang ada di PKBM dengan kenyataan proses pembelajaran yang ada di lapangan kemudian kurangnya minat warga belajar dalam mengikuti kegiatan proses pembelajaran di Paket C PKBM laskar pelangi Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Pelaksanaan Program Kesetaraan Paket C di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Laskar Pelangi Desa Tanjung Rejo Kecamatan Percut Sei Tuan.
Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitaif. Subjek berjumlah 4 orang sebagai informan. Tekhnik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalis dengan langkah – langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Dalam menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukan bahwa, Pelaksanaan program kesetaraan paket C di PKBM Laskar Pelangi Desa Tanjung Rejo melalui tiga tahapan yaitu (1) tahap perencanaan yaitu tahapan paling awal di dalam membuat suatu program (2) Tahap Pelaksanaan, merupakan tahap perealisasian dalam suatu program dalam bentuk proses pembelajaran di kelas, (3) Tahap Penilaian tahap ini merupakan tahap paling akhir di dalam suatu program untuk mengukur keberhasilan suau program. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa (1) tahap persiapan program kesetaraan paket C digunakan PKBM untuk menggambarkan atau merinci kebutuhan lingkungan belajar sesuai karakteristik warga belajar dan kebermanfaatan suatu program (2) tahap pelaksanaan merupakan pengimplementasian suatu program PKBM dalam bentuk nyata Disesuaikan dengan prosedur yang sudah direncanakan meliputi pemberian materi pelajaran dengan menggunakan modul, soal – soal latihan (3) tahap penilaian pihak PKBM dalam meninjau keberhasilan program-program yang mereka selenggarakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Program Kesetaraan, PKBM. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 19 Jan 2022 08:09 |
Last Modified: | 19 Jan 2022 08:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44721 |