RITONGA, ANGGI ANISAH FITRAH (2020) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK TUTOR TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR WARGA BELAJAR PAKET C DI SKB BINJAI. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1.NIM.1163171003 COVER.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
2.NIM.1163171003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3.NIM.1163171003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
4.NIM.1163171003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (591kB) | Preview
5.NIM.1163171003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (485kB) | Preview
6.NIM.1163171003 TABLES.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
7.NIM.1163171003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
8.NIM.1163171003 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
9.NIM.1163171003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13.NIM.1163171003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (431kB) | Preview
14.NIM.1163171003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (523kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu: 1. belum terdapat pada diri warga belajar untuk belajar mandiri. 2. warga belajar tidak terlalu senang melibatkan diri dalam tugas-tugas. 3. warga belajar belum mampu menciptakan suatu relasi yang sehat dengan orang lain. 4. warga belajar lebih pasif dalam kegiatan pembelajaran. 5.perilaku warga belajar yang cenderung emosional. 6.kurangnya pelatihan dan pendidikan bagi tutor. 7.kurangnya kreativitas pembelajaran bagi warga belajar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kompetensi pedagogik tutor terhadap kreativitas belajar warga belajar paket c.
Adapun teori yang mendukung penelitian ini mengacu pada pendapat Wahyudi (2012 : 31), “menjelaskan bahwa kompetensi pedagogik adalah kemampuan seorang tutor dalam mengelola proses pembelajaran warga belajar. Kemampuan pedagogik juga ditunjukkan dalam membantu, membimbing dan memimpin warga belajar”. Kemudian teori tentang kreativitas belajar yang di kemukakan oleh Hikmah (2010 : 4) bahwa “kreativitas adalah kemampuan untuk membuat kombinasi baru berdasarkan data, informasi, atau unsur-unsur yang ada”. Kreativitas juga berarti proses yang tercermin dalam kelancaran, kelenturan (fleksibilitas) dan originalitas dalam berfikir, serta kemampuan untuk mengelabrasikan (mengembangkan, memperkaya, memperinci) suatu gagasan.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel yang diambil dari penelitian ini berjumlah 30 orang warga belajar paket c aktif. Alat pengumpul data yang digunakan adalah angket (kuesioner). Teknik analisis datanya menggunakan regresi linier sederhana dan uji t.
Berdasarkan pengolahan data dengan regresi linier sederhana diperoleh persamaan regresi linier adalah Ŷ = 41,8+0,104X. Hal ini dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh kompetensi pedagogik tutor terhadap kreativitas belajar warga belajar. Dan hasil uji hipotesis dengan uji t diperoleh nilai nilai
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kompetensi Pedagogik Tutor, Kreativitas Belajar Warga Belajar |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 19 Jan 2022 08:09 |
Last Modified: | 19 Jan 2022 08:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44718 |