PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATA PELAJARAN FISIKA PADA SISWA KELAS X SEMESTER GANJIL DI SMK NEGERI 1 BALIGE

Simamora, Lavanter Johansen (2014) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATA PELAJARAN FISIKA PADA SISWA KELAS X SEMESTER GANJIL DI SMK NEGERI 1 BALIGE. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 811612027 Cover.pdf]
Preview
Text
1. 811612027 Cover.pdf - Published Version

Download (286kB) | Preview
[thumbnail of 2. 811612027 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. 811612027 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3. 811612027 Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. 811612027 Abstrak.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 4. 811612027 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. 811612027 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (347kB) | Preview
[thumbnail of 5. 811612027 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. 811612027 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of 6. 811612027 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. 811612027 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (368kB) | Preview
[thumbnail of 7. 811612027 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7. 811612027 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of 8. 811612027 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. 811612027 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of 9. 811612027 Bab I.pdf]
Preview
Text
9. 811612027 Bab I.pdf - Published Version

Download (501kB) | Preview
[thumbnail of 10. 811612027 Bab V.pdf]
Preview
Text
10. 811612027 Bab V.pdf - Published Version

Download (283kB) | Preview
[thumbnail of 11. 811612027 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
11. 811612027 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Fisika pada Siswa Kelas X Semester Ganjil di SMK Negeri 1 Balige. Pengembangan media pembelajaran interaktif mata pelajaran fisika ini diperoleh melalui observasi dari guru dan siswa di SMK Negeri 1 Balige, menyatakan media interaktif dibutuhkan dPenelitian ini diadaptasi dari model desain penelitian dan pengembangan menurut Borg & Gall (1981). Prosedur penelitian ini terdiri dari: (1) tahap pertama melakukan penelitian pendahuluan; (2) tahap kedua pembuatan desain software; (3) tahap ketiga pengumpulan bahan; (4) tahap keempat membuat dan memproduksi media pembelajaran interaktif; dan (5) tahap kelima yaitu review atau uji lapangan dalam rangka evaluasi formatif dan revisi produk. Pengumpulan data evaluasi validasi dilakukan dengan menggunakan instrumen penilaian yang diberikan kepada subjek uji coba yang berjumlah 50 orang antara lain: 2 Ahli Materi Pembelajaran, 2 Ahli Desain Instruksional, 2 Ahli Media Pembelajaran, 3 orang siswa uji coba satu-satu, 9 orang siswa uji kelompok kecil, 32 orang siswa kelas eksperimen.Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa: 1) produk media interaktif mata pelajaran Fisika ini dikemas dalam bentuk Compact Disk (CD), 2) validasi para ahli secara umum menyatakan kualitas produk media interaktif ini termasuk dalam kriteria 91,34% dari rentang skor 1 – 5, pengujian hipotess=is produk media interaktif ini dinyaakan efektif digunakan untuk pembelajaran momentum & impuls dimana terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil pengolahan data dengan menggunakan uji t satu pihak diperoleh harga thitung seharga 1,939 lebih besar dari ttabel seharga 1,676 maka dapat dinyatakan bahwa pengembangan media interaktif pembelajaran momentum & impuls telah teruji efektif.Kesimpulan, pengembangan media interaktif lebih baik dibandingkan dengan media konvensional karena proses pembelajaran menjadi lebih baik dan siswa dapat belajar mandiri sesuai kebutuhannya. Dengan demikian, guru sebaiknya dilatih menerapkan dan membuat media interaktif dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 373.246 Sim p
Keywords: Media pembelajaran; Media interaktif; Belajar fisika; Macromedia flash; Momentum; Impuls; Pembelajaran konvensional
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 28 Apr 2016 17:39
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4469

Actions (login required)

View Item
View Item