Simamora, Lavanter Johansen (2014) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATA PELAJARAN FISIKA PADA SISWA KELAS X SEMESTER GANJIL DI SMK NEGERI 1 BALIGE. Masters thesis, UNIMED.
1. 811612027 Cover.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
2. 811612027 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. 811612027 Abstrak.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
4. 811612027 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
5. 811612027 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
6. 811612027 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (368kB) | Preview
7. 811612027 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
8. 811612027 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
9. 811612027 Bab I.pdf - Published Version
Download (501kB) | Preview
10. 811612027 Bab V.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
11. 811612027 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Fisika pada Siswa Kelas X Semester Ganjil di SMK Negeri 1 Balige. Pengembangan media pembelajaran interaktif mata pelajaran fisika ini diperoleh melalui observasi dari guru dan siswa di SMK Negeri 1 Balige, menyatakan media interaktif dibutuhkan dPenelitian ini diadaptasi dari model desain penelitian dan pengembangan menurut Borg & Gall (1981). Prosedur penelitian ini terdiri dari: (1) tahap pertama melakukan penelitian pendahuluan; (2) tahap kedua pembuatan desain software; (3) tahap ketiga pengumpulan bahan; (4) tahap keempat membuat dan memproduksi media pembelajaran interaktif; dan (5) tahap kelima yaitu review atau uji lapangan dalam rangka evaluasi formatif dan revisi produk. Pengumpulan data evaluasi validasi dilakukan dengan menggunakan instrumen penilaian yang diberikan kepada subjek uji coba yang berjumlah 50 orang antara lain: 2 Ahli Materi Pembelajaran, 2 Ahli Desain Instruksional, 2 Ahli Media Pembelajaran, 3 orang siswa uji coba satu-satu, 9 orang siswa uji kelompok kecil, 32 orang siswa kelas eksperimen.Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa: 1) produk media interaktif mata pelajaran Fisika ini dikemas dalam bentuk Compact Disk (CD), 2) validasi para ahli secara umum menyatakan kualitas produk media interaktif ini termasuk dalam kriteria 91,34% dari rentang skor 1 – 5, pengujian hipotess=is produk media interaktif ini dinyaakan efektif digunakan untuk pembelajaran momentum & impuls dimana terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil pengolahan data dengan menggunakan uji t satu pihak diperoleh harga thitung seharga 1,939 lebih besar dari ttabel seharga 1,676 maka dapat dinyatakan bahwa pengembangan media interaktif pembelajaran momentum & impuls telah teruji efektif.Kesimpulan, pengembangan media interaktif lebih baik dibandingkan dengan media konvensional karena proses pembelajaran menjadi lebih baik dan siswa dapat belajar mandiri sesuai kebutuhannya. Dengan demikian, guru sebaiknya dilatih menerapkan dan membuat media interaktif dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 373.246 Sim p |
Keywords: | Media pembelajaran; Media interaktif; Belajar fisika; Macromedia flash; Momentum; Impuls; Pembelajaran konvensional |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 28 Apr 2016 17:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4469 |