LESTARI, ANGGUN (2020) PENGGUNAAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF DI TAMAN KANAK-KANAK PAUD GENERASI AMANAH KECAMATAN PERCUT SEI TUAN KABUPATEN DELI SERDANG. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1162171002_COVER.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
2. NIM. 1162171002_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (566kB) | Preview
3. NIM. 1162171002_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
4. NIM. 1162171002_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (734kB) | Preview
5. NIM. 1162171002_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (479kB) | Preview
6. NIM. 1162171002_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
7. NIM. 1162171002_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
8. NIM. 1162171002_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
9. NIM. 1162171002_BAB I.pdf - Published Version
Download (934kB) | Preview
13. NIM. 1162171002_BAB V.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
14. NIM. 1162171002_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (475kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana penggunaan media
pembelajaran dalam mengembangkan aspek yang dimiliki anak usia dini dengan pengelolahan alat permainan khususnya alat permainan edukatif pada proses pembelajaran. Guru berperan penting dalam mengelola pembelajaran dan mengembangkan pola interaksi antar anak untuk memotivasi peserta didik agar terbuka, kreatif, responsif, dan interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan Alat Permainan edukatif di taman kanak-kanak Paud Generasi Amanah.
Metode yang digunakan adalah metode kualitatif, informan dalam penelitian ini yaitu: 1 orang pengelola dan 2 guru Taman kanak-kanak PAUD Generasi Amanah. Pengumpulan data penelitian dilakukan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis
interaktif dengan cara pengumpulan data, reduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Untuk membangun keabsahan penelitian dilakukan dengan cara triangulasi sumber dan metode.
Hasil penelitian menunjukan penggunaan Alat Permainan Edukatif yang digunakan di Taman Kanak-kanak PAUD Generasi Amanah dibagi menjadi dua jenis 1) indoor yaitu pohon berhitung, papan bergambar, balok, flash card, boneka bayi, latto, peraga wudhu, APE sholat wanita, APE sholat laki-laki, mainan meronce, jam bundar, angklung, gendang, rambu-rambu lalu lintas, lego, puzzle, alat kedokteran, alat bangunan` dan sebagainya, 2) alat permainan edukatif outdoor yaitu ayunan, kumedi putar, bak air, prosotan. Pengelolaan penggunaan APE di Taman Kanak- kanak PAUD Generasi Amanah disesuaikan dengan RPPH (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian) dan dalam penggunaannya disesuaikan dengan
ketersediaan alat permainan edukatif baik cara membuat sendiri (kreativitas) atau membeli dengan mempertimbangkan jumlah peserta didik. Ketepatan penggunaan APE di Taman Kanak-kanak PAUD Generasi Amanah dapat diperoleh dengan memprioritaskan dalam pemilihan APE dari segi kebermanfaatannya yang berdampak pada aspek perkembangan anak yang terdiri dari kemampuan kognitif, seni, bahasa, psikomotorik, sosial, emosional, nilai agama dan moral. Dengan demikian, Alat Permainan Edukatif dapat berimplikasi pada kecerdasan masingmasing peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Alat Permainan Edukatif, Anak Usia Dini, PAUD Generasi Amanah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 18 Jan 2022 02:11 |
Last Modified: | 18 Jan 2022 02:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44616 |