Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dasar-Dasar Konstruksi Dan Teknik Pengukuran Tanah Kelas X Bidang Keahlian Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam

Sitorus, Teguh B M Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dasar-Dasar Konstruksi Dan Teknik Pengukuran Tanah Kelas X Bidang Keahlian Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5151111054 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 5151111054 COVER.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 5151111054 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 5151111054 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (639kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM.5151111054 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM.5151111054 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 5151111054 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 5151111054 PREFACE.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 5151111054 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 5151111054 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (10kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 5151111054 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 5151111054 TABLES.pdf - Published Version

Download (5kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 5151111054 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 5151111054 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (3kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 5151111054 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 5151111054 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (7kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 5151111054 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 5151111054 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (306kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 5151111054 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 5151111054 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 5151111054 BIBILIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 5151111054 BIBILIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Dasar-Dasar Konstruksi Dan Teknik Pengukuran Tanah melalui penerapan model pembelajaran Team Games Tournament. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, tiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilakukan di kelas X kompetensi keahlian desain pemodelan informasi dan bangunan yang terdiri dari 35 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui hasil pengamatan. Indikator keberhasilan adalah hasil belajar siswa mampu mencapai nilai > 75 %. Pada post test siklus I, hasil belajar yang diperoleh yaitu I terdapat 3 Orang siswa dalam kategori sangat kompeten dengan persentase 8,57%, 11 Orang siswa dalam kategori kompeten dengan persentase 31,43%, 11 Orang siswa dalam kategori cukup kompeten dengan persentase 31,43%, dan 10 Orang siswa dalam kategori tidak kompeten dengan persentase 28,57%. Sementara pada post test siklus II, hasil belajar yang diperoleh yaitu Terdapat 5 siswa dengan kategori cukup kompeten dengan persentasi 14,28%, dan 21 siswa dengan kategori kompeten dengan persentasi 60%, dan 9 siswa dengan kategori sangat kompeten dengan persentasi 25,75% dan tidak terdapat lagi siswa dalam kategori Tidak Kompeten. Hasil penelitian menunjukkan perolehan hasil belajar siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata 78,37 dengan persentase kelulusan 71,43 % dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 85,62 dengan persentase kelulusan 100%. Simpulan yang dapat diambil adalah penerapan model pembelajaran Team Games Tournament dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X DPIB mata pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi Dan Teknik Pengukuran Tanah di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Dasar-Dasar Konstruksi Dan Teknik Pengukuran Tanah melalui penerapan model pembelajaran Team Games Tournament. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, tiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilakukan di kelas X kompetensi keahlian desain pemodelan informasi dan bangunan yang terdiri dari 35 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui hasil pengamatan. Indikator keberhasilan adalah hasil belajar siswa mampu mencapai nilai > 75 %. Pada post test siklus I, hasil belajar yang diperoleh yaitu I terdapat 3 Orang siswa dalam kategori sangat kompeten dengan persentase 8,57%, 11 Orang siswa dalam kategori kompeten dengan persentase 31,43%, 11 Orang siswa dalam kategori cukup kompeten dengan persentase 31,43%, dan 10 Orang siswa dalam kategori tidak kompeten dengan persentase 28,57%. Sementara pada post test siklus II, hasil belajar yang diperoleh yaitu Terdapat 5 siswa dengan kategori cukup kompeten dengan persentasi 14,28%, dan 21 siswa dengan kategori kompeten dengan persentasi 60%, dan 9 siswa dengan kategori sangat kompeten dengan persentasi 25,75% dan tidak terdapat lagi siswa dalam kategori Tidak Kompeten. Hasil penelitian menunjukkan perolehan hasil belajar siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata 78,37 dengan persentase kelulusan 71,43 % dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 85,62 dengan persentase kelulusan 100%. Simpulan yang dapat diambil adalah penerapan model pembelajaran Team Games Tournament dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X DPIB mata pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi Dan Teknik Pengukuran Tanah di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > T Technology (General)
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 17 Jan 2022 06:32
Last Modified: 17 Jan 2022 06:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44596

Actions (login required)

View Item
View Item