Subandrio, Jemi (2021) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN GELOMBANG BUNYI PADA DAWAI BERBASIS STEM SEBAGAI MEDIA ALTERNATIF PEMBELAJARAN ONLINE DI SMA YAYASAN PERGURUAN BUDISATRYA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 4133321065 COVER.pdf - Published Version
Download (422kB) | Preview
2 NIM 4133321065 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3 NIM 4133321065 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (731kB) | Preview
4 NIM 4133321065 PREFACE.pdf - Published Version
Download (835kB) | Preview
5 NIM 4133321065 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
6 NIM 4133321065 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (372kB) | Preview
7 NIM 4133321065 TABLE.pdf - Published Version
Download (836kB) | Preview
8 NIM 4133321065 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (439kB) | Preview
9 NIM 4133321065 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
13 NIM 4133321065 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
14 NIM 4133321065 ENCLOSURE.pdf - Published Version
Download (842kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui kevalidan video pembelajaran fisika berbasis STEM pada materi gelombang bunyi sebagai media alternatif pembelajaran online di kelas XI IPA SMA Yayasan Perguruan Budisatrya Medan, 2) mengetahui kepraktisan video pembelajaran fisika berbasis STEM pada materi gelombang bunyi sehingga layak untuk diterapkan sebagai media pembelajaran.
Desain penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research & Development) yang dilakukan dengan 3 langkah yaitu: (1) Planning: menentukan kebutuhan dan tujuan serta mengumpulkan sumber dan menghasilkan gagasan. (2) Design: membuat media pembelajarn, bahan ajar dan metode mengajar. (3) development: memproduksi video dan audio pembelajaran, memprogram materi, menyiapkan komponen pendukung, mengevaluasi dan revisi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) dihasilkan media video pembelajaran berbasis STEM pada gelombang bunyi dengan kelayakan dari ahli materi hasil valid dan layak dengan persentasi 80%, penilaian dari ahli media pembelajaran diperoleh hasil valid dengan persentasi 85% sehingga dapat digunakan dan diuji cobakan kepada peserta didik. (2) Hasil pengujian media video pembelajaran berbasis stem pada materi gelombang bunyi melalui angket memperoleh 72.78% dalam kategori baik dengan angket 1 yang memperoleh respon paling besar dimana materi yang disajikan lebih mudah dipahami. Aspek kepraktisan media yang telah dilakukan memperoleh persentasi 80% dengan tingkat praktis. Hal ini menunjukkan bahwa media video pembelajaran berbasis stem pada materi gelombang bunyi sangat layak dan dapat digunakan sebagai sumber belajar bagi guru dan peserta didik di SMA Yayasan Perguruan Budisatrya Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kevalidan, kepraktisan, research&development, kelayakan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 17 Jan 2022 04:02 |
Last Modified: | 17 Jan 2022 04:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44587 |