SIGALINGGING, LASNIROHA (2020) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN RASIONAL EMOTIF TERHADAP STEREOTIP NEGATIF ANTARSUKU PADA SISWA KELAS XI SMA SWASTA MASEHI BERASTAGI TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 1163151026 COVER.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
2. NIM 1163151026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (661kB) | Preview
3. NIM 1163151026 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
4. NIM 1163151026 PREFACE.pdf - Published Version
Download (405kB) | Preview
5. NIM 1163151026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
6. NIM 1163151026 TABLES.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
7. NIM 1163151026 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
8. NIM 1163151026 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (667kB) | Preview
12. NIM 1163151026 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
13. NIM 1163151026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok pendekatan rasional emotif terhadap stereotip negatif antarsuku pada siswa kelas XI SMA Swasta Masehi Berastagi Tahun Ajaran 2019/2020. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Metode penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain one group pretest and posttest design. Subjek dalam penelitian ini adalah 7 orang siswa kelas XI yang memiliki skor stereotip negatif antarsuku yang tinggi. Instrumen yang digunakan adalah angket stereotip negatif antarsuku. Instrumen diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan layanan konseling kelompok. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon untuk melihat adakah pengaruh signifikan pemberian layanan konseling kelompok pendekatan rasional emotif terhadap stereotip negatif antarsuku pada siswa. Hal ini dapat diperoleh hasil perhitungan dengan skor tes awal (pre-test) pada kelompok eksperimen diperoleh rata-rata = 99 sedangkan data post-test diperoleh rata-rata = 42. Hal ini dapat diperoleh dari uji Wilcoxon yang menunjukkan bahwa uji jenjang Wilcoxon diperoleh Jhitung = 14 sedangkan Jtabel = 2. Dari table nilai kritis J untuk uji jenjang bertanda Wilcoxon untuk n = 7, α = 0,05 sesuai kriteria dengan penerimaan dan penolakan hipotesis, hipotesis diterima jika Jhitung > Jtabel yaitu Jhitung > Jtabel di mana 14 > 2 dari perhitungan ini dapat dilihat bahwa hipotesis yang berbunyi ada pengaruh signifikan pemberian layanan konseling kelompok pendekatan rasional emotif terhadap stereotip negatif antarsuku pada siswa Kelas XI SMA Swasta Masehi Berastagi Tahun Ajaran 2019/2020 dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Konseling Kelompok Pendekatan Rasional Emotif, Stereotip Negatif Antarsuku |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511 Affection. Feeling. Emotion |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 17 Jan 2022 03:41 |
Last Modified: | 17 Jan 2022 03:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44569 |