WULANDARI, DEWI (2020) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 47 SUNGGAL TAHUN AJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 1162151008 COVER.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
2. NIM 1162151008 APPROVAL SHEETS.pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
3. NIM 1162151008 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
4. NIM 1162151008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
5. NIM 1162151008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
6. NIM 1162151008 TABLES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7. NIM 1162151008 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8. NIM 1162151008 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
9. NIM 1162151008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (466kB) | Preview
13. NIM 1162151008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
14. NIM 1162151008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara motivasi belajar terhadap prokrastinasi akademik pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 47 Sunggal tahun ajaran 2020/2021, Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah:
adakah pengaruh motivasi belajar terhadap prokrastinasi akademik siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 47 Sunggal tahun ajaran 2020/2021. Waktu penelitian dilaksanakan dari bulan Mei sampai dengan Juli. Lokasi penelitian di SMP Muhammadiyah 47 Sunggal. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 48 siswa yang terdiri dari kelas VIII. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket atau kuesioner yaitu angket motivasi belajar dan angket
prokrastinasi akademik. Dilakukan uji asumsi sebagai persyaratan analisis data yaitu uji normalitas dan uji linieritas. Pada uji normalitas diketahui hasil yang diperoleh sebesar 0,20 untuk variabel motivasi belajar dan 0,194 untuk variabel prokrastinasi akademik dimana keduanya lebih besar dari probabilitas 0,05 atau 5% yang artinya kedua angket tersebut berdistribusi normal. Pada uji inieritas mendapatkan hasil 0,15 yang lebih besar dari 0,05 atau 5% yang artinya terdapat hubungan linear yang signifikan antara kedua variabel. Teknik analisis data yang
digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial.
Hasil penelitian menjelaskan ada pengaruh motivasi belajar terhadap prokrastinasi akademik siswa sebesar 42,1% dengan nilai koefisien konstata sebesar 143,250 dan koefisien variabel bebasnya sebesar -0,884. Tingkat motivasi belajar yang didapat dari hasil penelitian ini ialah sebesar 39,6 dalam kategori sangat rendah. Sehingga diperoleh persamaan regresi Y=143,250- 0,884X. Hasil penelitian menunjukkan thitung lebih besar dari ttabel dengan nilai 5,78 > 2,010 yang artinya hipotesis diterima, maka dapat disimpulkan, bahwa adanya pengaruh motivasi belajar terhadap prokrastinasi akademik siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 47
Sunggal tahun ajaran 2020/2021.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengaruh, Motivasi Belajar, Prokrastinasi Akademik |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 17 Jan 2022 01:48 |
Last Modified: | 17 Jan 2022 01:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44524 |