HUTAPEA, STEVIE MARIAGRETHA (2021) ANALISIS KESALAHAN SISWA MENGAPLIKASIKAN KONSEP PECAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BERDASARKAN KRITERIA WATSON DI KELAS V SDN 101786 HELVETIA T.P 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1173111097_COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM. 1173111097_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (361kB) | Preview
3. NIM. 1173111097_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
4. NIM. 1173111097_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
5. NIM. 1173111097_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
6. NIM. 1173111097_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
7. NIM. 1173111097_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8. NIM. 1173111097_DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
9. NIM. 1173111097_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
10. NIM. 1173111097_BAB I.pdf - Published Version
Download (659kB) | Preview
14. NIM. 1173111097_BAB V.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
15. NIM. 1173111097_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa kelas V akan konsep matematika khususnya pada konsep pecahan, kesalahankesalahan apa saja yang dilakukan oleh siswa dalam mengaplikasikan konsep pecahan pada soal atau masalah yang ditemukan oleh siswa serta untuk
mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan siswa melakukan kesalahankesalahan tersebut di Kelas V SDN 101786 Helvetia.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskripsi dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu teknik tes dan wawancara. Subjek penelitian adalah 33 siswa kelas V di SDN 101786 Helvetia dan objek penelitian ini adalah kesalahan siswa dalam mengaplikasikan konsep pecahan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner berbentuk tes soal cerita materi Pecahan dengan jumlah 10 soal. Hasil penelitian menunjukkan siswa kelas V di SDN 101786 Helvetia banyak melakukan kesalahan kriteria kesimpulan hilang (oc), kesalahan selain ketujuh kriteria (ao) dan kesalahan kriteria manipulasi tidak langsung (um). Kesalahan yang dilakukan oleh siswa disebabkan oleh faktor
ketidak pahaman siswa akan konsep pecahan yang sebelumnya telah dipelajari dan juga disebabkan oleh faktor kurangnya penanaman konsep yang diberikan oleh guru selama proses pembelajaran di kelas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Analisis Kesalahan Konsep, Kriteria Watson, Konsep Pecahan, Soal Cerita |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 13 Jan 2022 08:36 |
Last Modified: | 13 Jan 2022 08:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44506 |