DARUS, SANDRA AMALI SAVIRA (2021) PENGEMBANGAN PERMAINAN MULTIPLY CARDS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PERKALIAN PADA SISWA KELAS IV SD SWASTA KARTIKA I-1 MEDAN TAHUN AJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1163111072_COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 1163111072_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
3. NIM. 1163111072_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
4. NIM. 1163111072_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
5. NIM. 1163111072_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
6. NIM. 1163111072_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
7. NIM. 1163111072_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8. NIM. 1163111072_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 1163111072_BAB I.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
13. NIM. 1163111072_BAB V.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
14. NIM. 1163111072_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
Abstract
Penelitian pengembangan ini dilaksanakan berdasarkan fakta yang ditemukan dilapangan yang menunjukkan bahwa siswa masih belum/kurang memahami konsep perkalian yang telah diajarkan oleh gurunya serta kurangnya penggunaan media pembelajaran pada saat proses pembelajaran berlangsung, metode yang digunakan guru dalam menyampaikan materi pelajaran juga kurang bervariasi dan masih berpusat pada guru. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti perlu melakukan tindakan untuk memperkecil permasalahan tersebut dengan melakukan pengembangan media, yaitu berupa pengembangan permainan
multiply card sebagai media pembelajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti perlu melakukan tindakan untuk memperkecil permasalahan tersebut dengan melakukan pengembangan bahan ajar, yaitu berupa pengembangan bahan
ajar berbasis audio visual.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan permainan Multiply Card sebagai madia pembelajaran materi operasi perkalian siswa kelas IV SD Swasta Kartika 1-1 Medan. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model Sugiyono yaitu terdiri dari 10 tahapan. (1) tahap potensi dan masalah, (2) tahap pengumpulan data, (3) tahap desain produk, (4) tahap validasi produk, (5) tahap
revisi produk, (6) tahap uji coba dan pemakaian, (7) tahap revisi produk dan pemakaian, (8) tahap uji coba, (9) tahap revisi pemakaian, (10) tahap produksi masal. Namun, penelitian dan pengembangan dilakukan hanya sampai 5 tahap
dikarenakan adanya pandemi Covid-19.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Swasta Kartika 1-1 Medan. Sedangkan validator yang merupakan penilaian media yaitu validator berasal dari Dosen dan 1 dari Guru wali kelas IV untuk menilai materi dan media.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa uji kelayakan ahli materi yang mendapatkan skor 89,41 %, uji kelayakan ahli materi guru yang mendapatkan skor 95,29 %, uji kelayakan media 95,71 %. Dari ketiga skor validasi ahli media yang dikembangkan tergolong dengan kriteria “sangat baik”. Diperoleh nilai ratarata 93,47%. Berdasarkan hasil dari tiga validasi bahwasanya permainan multiply card sebagai media pembelajaran layak digunakan untuk siswa kelas IV SD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Permainan, Pengembangan, Kelayakan, Multiply Card |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 13 Jan 2022 08:37 |
Last Modified: | 13 Jan 2022 08:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44501 |