NASUTION, NISA KHAIRANI (2021) PENGEMBANGAN MEDIA BONGKAR PASANG KOTAK AJAIB ALFABET PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MEMBACA PERMULAAN KELAS 1 SDN 064009 MEDAN MARELAN T.A 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1173111071_COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 1173111071_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
3. NIM. 1173111071_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
4. NIM. 1173111071_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
5. NIM. 1173111071_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
6. NIM. 1173111071_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7. NIM. 1173111071_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8. NIM. 1173111071_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 1173111071_BAB I.pdf - Published Version
Download (399kB) | Preview
13. NIM. 1173111071_BAB V.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
14. NIM. 1173111071_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yaitu Pengembangan Media Bongkar Pasang Kotak Ajaib Alfabet Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Membaca Permulaan Kelas 1 SDN 064009 Medan Marelan T.A 2020/2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, praktikalitas, dan efektifitas Media Bongkar Pasang Kotak Ajaib Alfabet Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Membaca Permulaan Kelas 1 SDN 064009 Medan Marelan T.A 2020/2021.
Jenis penelitian pada penelitian ini yaitu menggunakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan prosedur pengembangan menurut Thiagarajan (1974) yang meliputi 4 tahap pengembangan yaitu : Tahap pertama yaitu Define (Pembatasan), Design (Perancangan),
Develotment (Pengembangan), dan Dissemination (Penyebaran).
Berdasarkan hasil penelitian ini meliputi validasi ahli yang merupakan penilaian media bongkar pasang kotak ajaib alfabet oleh ahli media, ahli materi, dan ahli praktisi pendidikan yaitu guru kelas 1-A SDN 064009 Medan Marelan. Pada penilaian media bongkar pasang kotak ajaib alfabet oleh ahli media mendapatkan skor pertama 60% yang dikategorikan “Cukup Layak”, setelah melakukan revisi media bongkar pasang kotak ajaib alfabet mendapatkan skor kedua 93% yang dikategorikan “Sangat Layak”, Oleh ahli materi memperoleh skor 90% yang dikategorikan “Sangat Layak”, dan oleh praktisi pendidikan yaitu oleh guru kelas 1-A SDN 064009 Medan Marelan mendapatkan skor 97% yang dikategorikan “Sangat Praktis”. Hasil Pretest dan Posttest diperoleh peningkatan hasil belajar siswa, maka dari itu media Bongkar Pasang Kotak Ajaib Alfabet Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Membaca Permulaan Kelas 1 SDN 064009 Medan Marelan sudah layak, praktis, dan efektif digunakan pada Kelas 1-A SDN 064009 Medan Marelan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan, Media Pembelajaran, Bongkar Pasang Kotak Ajaib Alfabet, Membaca Permulaan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 14 Jan 2022 07:17 |
Last Modified: | 14 Jan 2022 07:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44497 |