NASUTION, DINDA ALDRINA (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA TEMA 6 CITA-CITAKU DI KELAS IV SDN 117863 RIMBAYA KECAMATAN NA IX-X KABUPATEN LABUHANBATU UTARA T.A 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1163311020_COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 1163311020_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
3. NIM. 1163311020_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
4. NIM. 1163311020_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
5. NIM. 1163311020_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
6. NIM. 1163311020_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7. NIM. 1163311020_DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 1163311020_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9. NIM. 1163311020_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
10. NIM. 1163311020_BAB I.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
14. NIM. 1163311020_BAB V.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
15. NIM. 1163311020_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah perlu adanya variasi LKPD yang digunakan di SDN 117863 Rimbaya. LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing belum pernah dikembangkan di sekolah SDN 117863 Rimbaya. Belum pernah dilakukan pengembangan LKPD di sekolah tersebut, guru hanya menggunakan buku paket sebagai satu-satunya sumber belajar di kelas IV SD Negeri 117863 Rimbaya. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan dan kelayakan LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk siswa kelas IV SD Negeri 117863 Rimbaya.
Penelitian ini menggunakan desain Research and Development (R&D). Instrumen penelitian ini terdiri dari observasi, lembar wawancara guru kelas IV SD Negeri 117863 Rimbaya dan lembar validasi oleh validasi ahli. LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing dikembangkan mengacu pada tahap pengembangan
Borg and Gall dengan 5 tahap yaitu : potensi masalah, pengumpulan data, desain produk dan produksi LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing, validasi ahli dan revisi produk. Penelitian ini hanya sampai pada tahap validasi yaitu validator media dan validator materi dikarenakan adanya situasi dan kondisi yang tidak memungkinkan untuk penelitian karena adanya wabah virus COVID-19.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian dari ahli materi dan media pada tahap I oleh validator mendapatkan rata-rata skor 3,4 kategori baik. Sedangkan validasi ahli media pada tahap I oleh validator mendapatkan rata-rata
skor 4,8 kategori baik. Apabila angka tersebut dikonversikan ke dalam skala Likert berdasarkan tingkat kelayakan, maka LKPD berbasis inkuiri terbimbing termasuk kategori layak dengan revisi. Setelah melakukan perbaikan pada materi
dan media pada tahap I, diperoleh penilaian ahli materi pada tahap II oleh validator dengan rata-rata skor 4,6 kategori sangat baik. Pada validasi ahli media pada tahap II oleh validator mendapatkan rata-rata skor 4,9 termasuk kategori
sangat baik dan layak tanpa revisi. Maka dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis inkuiri terbimbing pada tema 6 cita-citaku layak untuk pembelajaran siswa Kelas IV SD Negeri 117863 Rimbaya Kecamatan NA IX-X Kabupaten Labuhan Batu Utara T.A 2020/2021.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing, Tema 6 Cita-Citaku, Kelas IVSekolah Dasar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 17 Jan 2022 01:48 |
Last Modified: | 17 Jan 2022 01:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44480 |