SINAGA, ANJELY (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS MATERI TRANSPORTATION KELAS III SD SWASTA PAB 20 BANDAR KLIPPA T.A 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1173111005_COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 1173111005_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
3. NIM. 1173111005_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4. NIM. 1173111005_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
5. NIM. 1173111005_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
6. NIM. 1173111005_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
7. NIM. 1173111005_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM. 1173111005_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 1173111005_BAB I.pdf - Published Version
Download (432kB) | Preview
13. NIM. 1173111005_BAB V.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
14. NIM. 1173111005_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (357kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui kelayakan penggunaan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada mata pelajaran bahasa Inggris materi Transportation, (2) Mengetahui kepraktisan penggunaan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada mata pelajaran bahasa Inggris materi Transportation, (3) Mengetahui keefektifan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada mata pelajaran bahasa Inggris materi Transportation. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model 4-D. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Swasta PAB 20 Bandar Klippa yang berjumlah 37 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, angket, serta lembar soal pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan; (1) Uji kelayakan media pembelajaran oleh ahli materi berada pada kualifikasi sangat layak sebesar 92,72%, serta ahli media berada pada kualifikasi sangat layak sebesar 96%, (2) Uji kepraktisan media pembelajaran yang diperoleh dari ketiga guru mata pelajaran bahasa Inggris di tiga sekolah yang berbeda, berada pada kualifikasi sangat layak sebesar 94,67%, (3) Uji keefektifan menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang dibelajaran menggunakan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif dengan nilai rata-rata sebesar 87,2 dan lebih tinggi dari siswa yang dibelajarkan tanpa menggunakan media pembelajaran dengan nilai rata-rata sebesar 61,5. Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis multimedia interaktif yang dikembangkan oleh peneliti layak, praktis dan efektif untuk mendukung pembelajaran bahasa Inggris di kelas III Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Research and Development, Media pembelajaran, Multimedia Interaktif, Bahasa Inggris, Transportation. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 14 Jan 2022 07:18 |
Last Modified: | 14 Jan 2022 07:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44475 |