NAINGGOLAN, MONICA (2021) PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI JURUSAN PENDIDIKAN GEOGRAFI FIS UNIMED. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3173131026 COVER.pdf - Published Version
Download (409kB) | Preview
2. NIM. 3173131026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 3173131026 PREFACE.pdf - Published Version
Download (827kB) | Preview
4. NIM. 3173131026 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (473kB) | Preview
5. NIM. 3173131026 TABLE OF CONTETNTS.pdf - Published Version
Download (748kB) | Preview
6. NIM. 3173131026 TABLES.pdf - Published Version
Download (809kB) | Preview
7. NIM. 3173131026 PICTURES.pdf - Published Version
Download (536kB) | Preview
8. NIM. 3173131026 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (532kB) | Preview
9. NIM. 3173131026 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
13. NIM. 3173131026 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (11MB) | Preview
14. NIM. 3173131026 CHAPTER VI.pdf - Published Version
Download (760kB) | Preview
15. NIM. 3173131026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : (1) Penerapan pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 di Jurusan Pendidikan Geografi FIS UNIMED pada tahun ajaran 2020/2021, (2) Efektivitas pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 di Jurusan Pendidikan Geografi FIS UNIMED pada tahun ajaran 2020/2021. ,Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2020/2021 di Jurusan Pendidikan Geografi FIS UNIMED dengan populasi seluruh mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi angkatan 2018 dan 2020 berjumlah 241 orang. Sampel
ditetapkan 45% dari masing-masing angkatan sehingga diperoleh 120 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner dan studi dokumen kemudian dianalisis dengan teknik analisis Deskriptif Kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Penerapan pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 di Jurusan Pendidikan Geografi FIS UNIMED pada tahun ajaran 2020/2021 terkait a) perencanaan pembelajaran menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran sudah menggunakan sumber belajar berbasis elektronik dan menggunakan aplikasi daring sebagai media pendukung pembelajaran, b) pelaksanaan pembelajaran daring meliputi kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup pada angkatan 2018 (79%) dan angkatan 2020 (80%), c)
penilaian pembelajaran daring yang meliputi prinsip penilaian, penilaian aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan dan bentuk penilaian pada angkatan 2018
(81%) dan angkatan 2020 (82%) masuk dalam kategori sangat baik (2) Efektivitas pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di Jurusan Pendidikan Geografi FIS UNIMED pada tahun ajaran 2020/2021 untuk angkatan 2018 (69%) dan
angkatan 2020 (68%) masuk dalam kategori efektif hal ini berdasarkan perhitungan hasil perata-rataan ketiga indikator kemudian disesuaikan dengan skala likert.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2021-GEO-090 |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 11 Jan 2022 09:02 |
Last Modified: | 11 Jan 2022 09:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44446 |