Ginting, Anisa Stepani Br (2021) KEMAMPUAN ORANGTUA SEBAGAI GURU UTAMA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA PERGENDANGEN KECAMATAN TIGABINANGA KABUPATEN KARO. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3173322006 COVER.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
2. NIM. 3173322006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (965kB) | Preview
3. NIM. 3173322006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (357kB) | Preview
4. NIM. 3173322006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (954kB) | Preview
5. NIM. 3173322006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (996kB) | Preview
6. NIM. 3173322006 TABLES.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
7. NIM. 3173322006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
8. NIM. 3173322006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12. NIM. 3173322006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM. 3173322006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (630kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan yang dimiliki orangtua dalam menjadi guru utama di desa Pergendangen, kecamatan Tigabinanga, kabupaten Karo. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui bagimana strategi orangtua untuk mampu menjadi guru utama di desa
Pergendangen, kecamatan Tigabinanga, kabupaten Karo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara, dokumentasi.
Teknik pemilihan informan yang digunakan yaitu purposive sampling. Hasil penelitian menjelaskan bahwa pada masa pandemi Covid-19 orangtua menjadi guru bagi anak dalam belajar daring di rumah. Pada masa pandemi ini orangtua di
desa Pergendangen mampu dalam mengajar anak. Rata-rata orangtua di desa Pergendangen hanya mampu mengajar anak dari kelas I-III SD, karena pelajaran nya masih tergolong mudah. Namun ada juga beberapa orangtua yang merasa tidak mampu dalam mengajar anak di rumah. Untuk mengajar anak kelas IV-VI SD orangtua merasa kewalahan karena pelajaran nya sulit. Orangtua juga mampu menggunakan aplikasi yang dipakai dalam proses pembelajaran. mampu memenuhi sarana dan fasilitas untuk mendukung proses belajar dan mampu membagi waktu.
Strategi yang dilakukan orangtua untuk mampu menjadi guru di rumah yaitu dengan cara membuat jadwal belajar, memberi hadiah, mengajar dengan tegas, mencari jawaban dan materi dari internet, menfasilitasi kebutuhan belajar anak,
mencari guru les untuk anak, meminta tolong kepada suami untuk mengajari anak belajar karena sibuk bekerja.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2021-ANTRO-062 |
Keywords: | Kemampuan orangtua, Guru utama, Covid-19. |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Antropologi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 11 Jan 2022 02:02 |
Last Modified: | 11 Jan 2022 02:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44404 |