Wardani, Fadila (2021) PENGEMBANGAN VIDEO TUTORIAL PERLINDUNGAN DARI HASIL REKAYASABIOTEKNOLOGI SEBAGAI SUMBER BELAJAR. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM 4163341024 COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
2. NIM 4163341024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
3. NIM 4163341024 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
4. NIM 4163341024 PREFACE.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
5. NIM 4163341024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
6. NIM 4163341024 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (999kB) | Preview
7. NIM 4163341024 TABLES.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
8. NIM 4163341024 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
9. NIM 4163341024 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
13. NIM 4163341024 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (981kB) | Preview
14. NIM 4163341024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Permasalahan yang ada pada materi perlindungan dari hasil rekayasa bioteknologi adalah keterbatasan waktu, alat dan bahan yang ada didalam laboratorium dan gaya belajar yang digunakan didalam proses belajar mengajar tidak semuanya sama. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan video tutorial bioteknologi pada materi Perlindungan dari hasil rekayasa bioteknologi sebagai sumber belajar dan untuk mengetahui tingkat kelayakan video tutorial bioteknologi serta tanggapan mahasiswa terhadap video tersebut sehingga layak untuk diterapkan sebagai sumber belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Prosedur yang digunakan memanfaatkan modifikasi Borg dan Gall yang dibatasi sampai menjadi 6 tahapan. Penelitian mulai dilaksanakan pada 8 Juli hingga 20 November 2020. Hasil penelitian ini adalah sebuah video tutorial bioteknologi Sampel penelitian adalah mahasiswa S-1 Jurusan Biologi yang mengambil matakuliah Bioteknologi di Universitas Negeri Medan yaitu penilaian perorangan sebanyak 3 orang, penilaian kelompok kecil sebanyak 9 orang dan penilaian kelompok terbatas adalah mahasiswa semester 6 sebanyak 1 kelas. Instrument penelitian adalah uji kelayakan yang dilakukan terhadap ahli materi, ahli desain ahli pembelajaran, serta tanggapan dosen dan tanggapan mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif kuantitaf. Hasil penelitian menunjukkan materi yang digunakan dalam video sangat layak, desain pembelajaran yang digunakan sangat layak, pembelajaran yang digunakan dalam video sangat layak serta tanggapan dosen dan tanggapan mahasiswa terhadap video sangat baik. Sehingga secara Keseluruhan Video tutorial Bioteknologi pada Materi Perlindungan dari Hasil Rekayasa Bioteknologi sangat layak untuk dijadikan sebagai sumber belajar alternatif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan, Video Tutorial, Bioteknologi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 10 Jan 2022 04:30 |
Last Modified: | 10 Jan 2022 04:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44342 |