RUMAHOMBAR, ABED NEGO (2020) UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PAIKEM TEMA SELALU BERHEMAT ENERGI PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 101783 SAENTIS T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1153311001_COVER.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
2. NIM. 1153311001_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (629kB) | Preview
3. NIM. 1153311001_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
4. NIM. 1153311001_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (549kB) | Preview
5. NIM. 1153311001_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (523kB) | Preview
6. NIM. 1153311001_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (411kB) | Preview
7. NIM. 1153311001_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
8. NIM. 1153311001_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
9. NIM. 1153311001_BAB I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM. 1153311001_BAB V.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
14. NIM. 1153311001_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa dengan menggunakan model Pembelajaran, aktif,inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAIKEM) Tema Selalu Berhemat Energi Pada Siswa Kelas IV Di SD Negeri 101783 Saentis T.A 2019/2020 Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas IV Di SD Negeri 101783 Saentis yang berjumlah 28 orang siswa, terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Pelaksanaan PTK dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II, masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi dan angket.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kondisi awal dari 28 siswa terdapat 9 orang siswa kreatif (39,28%) dan 19 orang siswa tidak kreatif (60,71%) nilai rata-rata observasi kreativitas belajar siswa pada kegiatan awal yaitu 49,74.
Dengan menggunakan model Pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAIKEM) pada siklus I terdapat 13 orang siswa kreatif (39,28%) dan 15orang siswa tidak kreatif (60,71%) nilai rata-rata 56,88. Serta di siklus II meningkat menjadi 28 orang siswa kreatif (100%) dan 0 siswa tidak kreatif (0%) dengan nilai rata-rata 82,14. Presentase hasil angket kreativitas belajar siswa secara klasikal pada siklus I berjumlah 21 orang siswa (37,5 %) masuk kategori kreatif dan 7 orang siswa (25,0%) masuk kategori tidak kreatif dengan nilai ratarata 52,7. Hasil observasi kegiatan mengajar guru pada siklus I yaitu70 % dan
mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 100 %.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAIKEM) dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa pada Tema selalu berhemat energi di kelas IV SD Negeri 101783 Saentis T.A.
2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 05 Jan 2022 03:08 |
Last Modified: | 05 Jan 2022 03:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44217 |