Miko, Fitrah (2021) Pengembangan Senam Ritmik Dengan Mengadopsi Tarian Daerah Terhadap Karakter Anak Sekolah Dasar. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8176117004 COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2. NIM. 8176117004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
3. NIM. 8176117004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
4. NIM. 8176117004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
5. NIM. 8176117004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
6. NIM. 8176117004 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
6. NIM. 8176117004 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
8. NIM. 8176117004 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
9. NIM. 8176117004 CHPATER I.pdf - Published Version
Download (677kB) | Preview
13. NIM. 8176117004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
14. NIM. 8176117004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (477kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui gerakan tari Saman pada senam ritmik, 2) Mengembangkan instrumen musik pengiring senam ritmik yang diadopsi dari gerakan tari Saman, 3) Membangun nilai-nilai karakter anak sekolah dasar melalui senam ritmik yang diadopsi dari tari Saman, 4) Mengetahui kelayakan produk video senam ritmik yang diadopsi dari gerakan tari Saman. Penelitian ini menggunakan metode penelitian & pengembangan Borg & Gall dengan teknik analisis data kuantitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SD N 060853 Medan dengan sampel 32 orang. Penelitian ini divalidasi oleh tiga ahli yaitu ahli senam, ahli tari dan ahli media. Hasil validasi pada ahli senam diperoleh 90% bermakna dapat “digunakan”. Hasil validasi pada ahli tari diperoleh 95% bermakna dapat “digunakan”. Hasil validasi pada ahli media diperoleh 91% bermakna dapat “digunakan”. Hasil penilaian uji kelompok kecil diperoleh 81% dengan kriteria “sangat baik”, dan hasil penilaian uji kelompok besar diperoleh 91% dengan kriteria “sangat baik”. Berdasarkan hasil pengujian tersebut disimpulkan bahwa gerakan dan musik senam Saman dapat digunakan pada anak sekolah dasar, senam Saman” dapat membangun nilai-nilai karakter yaitu kerja sama, percaya diri dan disiplin, dan video senam Saman layak digunakan pada pembelajaran senam ritmik di sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 796.440 71 Mik p |
Keywords: | Karakter; Senam Ritmik; Tarian Daerah |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV201 Physical education and training G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV201 Physical education and training > GV460 Gymnastics. Gymnastic exercises L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Olahraga |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 03 Jan 2022 02:31 |
Last Modified: | 03 Jan 2022 02:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44191 |