NASUTION, AHMAD PADLI (2020) Perbedaan Hasil Belajar Menggambar Teknik Yang Diajar Menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Dengan Model Explicit Intruction Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Permesinan SMK Negeri 2 Medan T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5151121001 COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2. NIM 5151121001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
3. NIM 5151121001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
4. NIM 5151121001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
5. NIM 5151121001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
6. NIM 5151121001 TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM 5151121001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM 5151121001 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
9. NIM 5151121001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (484kB) | Preview
13. NIM 5151121001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM 5151121001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar menggambar teknik dari siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan model pembelajaran Explicit Intruction pada siswa kelas X program keahlian teknik permesinan SMK Negeri 2 Medan. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas X program keahlian teknik permesinan SMK Negeri 2 Medan yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 60 orang. Kelas X TP I diterapkan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) sedangkan X TP 2 diterapkan model pembelajaran Explicit Intruction, tiap kelas terdiri dari 30 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes objektif pilihan berganda yang berjumlah 20 soal 4 opsi jawaban. Untuk menguji normalitas data digunakan uji Liliefors pada taraf kepercayaan (α) sebesar 0,05. Pada model pembelajaran Think Pair Share (TPS) diperoleh Lhitung= 0,1253 dan Ltabel = 0,161 , maka diperoleh Lhitung(0,1253) < Ltabel(0,161) pada kategori normal, dan pada model pembelajaran Explicit Intruction Lhitung = 0,1308 dan Ltabel = 0,161 maka diperoleh Lhitung(0,1308) < Ltabel(0,161) pada kategori normal. Untuk menguji homogenitas data antara pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan Explicit Intruction dilakukan uji pada taraf nyata (α) 0,05 diperoleh Fhitung = 1,0895 dan Ftabel = 1,8608, maka Fhitung(1,0895) < Ftabel (1,8608) dan disimpulkan bahwa varians sampel adalah homogen. Dengan menggunakan uji-t pada taraf nyata α =0,05 dengan kriteria uji tolak H0 jika |"t" _"hitung" |" > " "t" _"tabel" . Dari hasil penelitian diperoleh, thitung = 3,040 dan ttabel = 2,002 sehingga thitung > ttabel dan diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar Menggambar Teknik siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan model pembelajaran Explicit Intruction. Dengan hasil belajar rata-rata kelas eksperimen I = 80,17 dan hasil belajar rata-rata kelas eksperimen II = 74,33
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil belajar model pembelajaran Explicit Intruction. Model Think Pair Share (TPS). |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education T Technology > T Technology (General) T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 20 Dec 2021 07:53 |
Last Modified: | 20 Dec 2021 07:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44116 |