HUTAURUK, RAFIQ EFFENDY (2019) Penerapan Model Pembelajaran Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi Di SMK Negeri 2 Medan T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5131111019 COVER.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
2. NIM. 5131111019 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (706kB) | Preview
3. NIM. 5131111019 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
4. NIM. 5131111019 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
5. NIM. 5131111019 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
6. NIM. 5131111019 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
7. NIM. 5131111019 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM. 5131111019 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 5131111019 BAB I.pdf - Published Version
Download (418kB) | Preview
13. NIM. 5131111019 BAB V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
14. NIM. 5131111019 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk menerapakan model Pembelajaran Tutor Sebaya yang dapat meningkatkan Hasil Belajar estimasi biaya konstruksi pada Indikator menerapkan perhitungan volume pekerjaan Konstruksi Gedung dengan materi ajar menghitung volume pekerjaan persiapan, pekerjaan struktur dan pekerjaan nonstruktur. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil di SMK Negeri 2 Medan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Desain Permodelan dan Informasi Bangunan dengan jumlah siswa 31 orang. Dari hasil uji coba instrumen penelitian yang terdiri dari 25 soal pada siklus I terdapat 20 soal valid, indeks kesukaran soal terdapat 18 kategori soal sedang dan 1 soal mudah, 1 soal sulit, uji daya pembeda tes terdapat 10 soal baik, 10 soal cukup dan uji reliabilitas tes didapat 0,892 (sangat tinggi). Pada siklus II terdiri dari 25 soal dengan perolehan 20 soal valid, indeks kesukaran soal terdapat 20 kategori soal sedang, uji daya pembeda tes terdapat 8 soal baik, 12 cukup dan uji reliabilitas tes didapat 0,830 (sangat tinggi). Hasil penelitian menunjukkan perolehan hasil belajar pengetahuan siswa terjadi peningkatan, pada siklus I dengan nilai rata-rata 76,29 dengan persentase kelulusan 77,42% dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 87,09 dengan persentase kelulusan 100%. Untuk skor hasil belajar sikap siswa pada siklus I rata-rata 77,23 dan pada siklus II meningkat menjadi 86,79. Berdasarkan hasil penelitian tersebut bahwa dengan menerapkan model Pembelajaran Tutor Sebaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses belajar mengajar estimasi biaya konstruksi siswa kelas XI Desain Permodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 2 Medan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Tutor Sebaya, Hasil Belajar pengetahuan dan sikap |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education T Technology > T Technology (General) T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 20 Dec 2021 07:13 |
Last Modified: | 20 Dec 2021 07:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44110 |