ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI MONERA KELAS X IPA SMA NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN T.P.2020/2021

Maisari, Cyntia (2021) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI MONERA KELAS X IPA SMA NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN T.P.2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4173341010 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4173341010 COVER.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4173341010 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4173341010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (433kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4173341010 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4173341010 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4173341010 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4173341010 PREFACE.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4173341010 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4173341010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4173341010 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4173341010 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (277kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4173341010 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4173341010 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4173341010 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4173341010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (301kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui presentase ketuntasan belajar, kesulitan belajar untuk tiap-tiap indikator pembelajaran dan faktor–faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa kelas X IPA SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan dalam mempelajari materi monera. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X IPA yang terdiri 142 siswa. Sampel penelitian berjumlah 45 siswa dan diambil menggunakan teknik simple random sampling. Analisis data menggunakan statistik deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami ketidaktuntasan belajar dengan presentase sebesar 26,66%. Kesulitan belajar tertinggi terdapat pada indikator menyelidiki reaksi tubuh yang terinfeksi oleh bakteri sebesar 66,66%, dan kesulitan belajar terendah terdapat pada indikator memprediksi bentuk bakteri penyebab penyakit kolera sebesar 33,33%. Faktor penyebab kesulitan belajar siswa yang tertinggi pada indikator kebiasaan siswa dalam belajar sebesar 67,09%. Sedangan faktor penyebab kesulitan belajar siswa terendah yaitu sifat dari materi pelajaran monera sebesar 53,40%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2021 BIO 174
Keywords: Kesulitan belajar; Monera; Archaebacteria; Eubacteria
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QR Microbiology > QR75 Bacteria
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 30 Nov 2021 08:37
Last Modified: 30 Nov 2021 08:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43962

Actions (login required)

View Item
View Item