Marbun, Agustina Ica Pratiwi (2021) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS STEM (SCIENCE TECHNOLOGY ENGINEERING AND MATHEMATICS) PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA KELAS XI MIA DI SMA NEGERI 1 LUBUK PAKAM T.P 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4172141019 COVER.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
2. NIM.4172141019. APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (358kB) | Preview
3. NIM. 4172141019. ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
4. NIM. 4172141019. PREFACE.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
5. NIM. 4172141019. TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
9. NIM. 4172141019. CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
13. NIM. 4172141019. CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
14. NIM. 4172141019. BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) pada materi sistem pernapasan manusia. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian dan pengembangan. Penelitian pengembangan ini mengadopsi model pengembangan instruksional 4D dengan tahapan meliputi Define, Design, Develop, dan Disseminate. Subjek dalam penelitian ini adalah Ahli Desain, Ahli Materi, Ahli Pembelajaran, Guru Biologi, Siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Lubuk Pakam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis STEM yang dikembangkan berdasarkan penilaian Ahli Desain diperoleh persentase sebesar 94,04% dengan kriteria sangat layak, penilaian ahli materi diperoleh persentase sebesar 86,53% dengan kriteria sangat layak, dan penilaian ahli pembelajaran sebesar 89,28% dengan kriteria sangat layak. Respon guru biologi terhadap LKPD berbasis STEM yang dikembangkan mendapatkan tanggapan positif dengan persentase sebesar 94,23% dengan kriteria sangat layak. Respon siswa terhadap LKPD berbasis STEM yang dikembangkan mendapatkan tanggapan positif dengan persentase sebesar 89,74% dengan kriteria baik. Hasil ketuntasan belajar klasikal dari penggunaan LKPD berbasis STEM yang dikembangkan diperoleh persentase sebesar 81,81% dengan jumlah peserta didik yang tuntas sebanyak 27 orang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 BIO 196 |
Keywords: | Sistem pernapasan; Lembar kerja peserta didik; Ketuntasan belajar; Pendekatan pengajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QM Human anatomy |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 30 Nov 2021 03:45 |
Last Modified: | 30 Nov 2021 03:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43956 |