Suriani, Cicik (2018) HUBUNGAN PERSEPSI TERHADAP PENERAPAN MODEL PBM DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN. Jurnal Pelita Pendidikan, 6 (4). pp. 233-237. ISSN 2338-3003; eISSN : 2502 – 3217
Peer Reviewer.pdf - Published Version
Download (945kB) | Preview
Article.pdf - Published Version
Download (555kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi siswa terhadap penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dengan hasil belajar siswa pada materi perubahan lingkungan di kelas X di SMA Negeri 1 Stabat Tahun Pembelajaran 2017/2018.Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIA di SMA Negeri 1 Stabat tahun pembelajaran 2017/2018. Sampel penelitian terdiri dari kelas X MIA 5 dan MIA 6 yang berjumlah 72 orang yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling.Metode penelitian ini adalah deskriptif korelasional, dengan menggunakan angket dan dokumentasi hasil belajar sebagai alat pengumpul data.Berdasarkan hasil uji korelasi Product Moment diperoleh rhitung rtabel( 0,57> 0,235) artinya terdapat korelasi yang positif antara persepsi siswa terhadap penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dengan hasil belajar dan termasuk kedalam kategori sedang. Hasil uji determinasi sebesar 32,49 % menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap model Pembelajaran Berbasis Masalah pada materi Perubahan Lingkungan memberikan konstribusi sebesar 32,49% terhadap hasil belajar siswa. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh thitung ttabel atau 8,62 > 1,994. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara persepsi siswa terhadap penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) pada materi Perubahan Lingkungan dengan hasil belajar siswa pada materi perubahan lingkungan di kelas X di SMA Negeri 1 Stabat Tahun Pembelajaran 2017/2018.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Persepsi Siswa; Model Pembelajaran Berbasis Masalah; Hasil Belajar siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QH Natural history Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 26 Nov 2021 05:00 |
Last Modified: | 26 Nov 2021 05:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43945 |