Suriani, Cicik (2020) KONTRIBUSI MICRO TEACHING TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KOMPETENSI PROFESIONAL MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI DALAM MENGAJAR TERBIMBING. Jurnal Pelita Pendidikan, 8 (4). pp. 230-236. ISSN 2338-3003; eISSN : 2502 – 3217
Peer Review.pdf - Published Version
Download (932kB) | Preview
Article.pdf - Published Version
Download (460kB) | Preview
Abstract
Universitas Negeri Medan menerapkan Kurikulum KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) untuk mencetak calon guru yang berkompetensi. Program yang sudah dijalankan dan merupakan aplikasi dari KKNI di Universitas Negeri Medan untuk meningkatkan kompetensi calon guru adalah dengan memberikan mata kuliah Micro Teaching dan mata kuliah Mengajar Terbimbing. Pelaksanaan mata kuliah Micro Teaching harus memberikan kontribusi yang besar bagi pelaksanaan mata kuliah Mengajar Terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan mahasiswa mengenai kontribusi Micro Teaching terhadap kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional mahasiswa Pendidikan Biologi dalam Mengajar Terbimbing. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan metode penelitian yang bersifat deskriptif kuantitatif jenis studi korelasional. Tanggapan mahasiswa terhadap pelaksanakaaan mata kuliah Micro Teaching sebesar 73% pada kategori tinggi yang tersebar pada indikator-indikator mata kuliah Micro Teaching. Tanggapan mahasiswa terhadap pelaksanaan mata kuliah Mengajar Terbimbing sebesar 62,5 % pada kategori tinggi yang tersebar pada indikator-indikator mata kuliah Mengajar Terbimbing. Ada hubungan yang signifikan antara tanggapan mahasiswa terhadap pelaksanaan mata kuliah Micro Teaching dengan tanggapan mahasiswa terhadap pelaksanaan Mengajar Terbimbing dengan koefisien korelasi sebesar 0,82, uji t yaitu thitung (11,28) > ttabel (1,999) dan kontribusi Micro Teaching terhadap pelaksanaan Mengajar Terbimbing sebesar 67%.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Micro Teaching; Kompetensi Pedagogik; Kompetensi Profesional; Mengajar Terbimbing |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 25 Nov 2021 09:18 |
Last Modified: | 25 Nov 2021 09:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43929 |