PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID PADA POKOK MATERI HUKUM NEWTON TENTANG GERAK UNTUK SISWA KELAS X IPA SMA

Puspita, Sindy (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID PADA POKOK MATERI HUKUM NEWTON TENTANG GERAK UNTUK SISWA KELAS X IPA SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4161121023 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4161121023 COVER.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4161121023 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4161121023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4161121023 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4161121023 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4161121023 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4161121023 PREFACE.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4161121023 TABLE OF CONTENS.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4161121023 TABLE OF CONTENS.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4161121023 CHAPTER 1.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4161121023 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4161121023 CHAPTER 5.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4161121023 CHAPTER 5.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4161121023 REFRENCE.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4161121023 REFRENCE.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan mobile learning berbasis android pada materi pokok Hukum Newton tentang Gerak serta menguji kelayakan mobile learning yang dihasilkan melaui validasis ahli, uji coba lapangan dan uji keefektifan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian research and development (R&D), menggunakan model Borg and Gall. Hasil validasi oleh ahli media menunjukkan bahwa (1) aspek panduan dan informasi mobile learning dinilai layak dengan rata-rata 4; (2) aspek kinerja program dinilai sangat layak dengan rata-rata 4,3; (3) aspek sistematika/estetika dan prinsip reka bentuk dinilai layak dengan rata-rata 3,9. Hasil validasi ahli materi menunjukkan bahwa; (1) aspek panduan dan informasi dari mobile learning dinilai sengat layak dengan rata-rata 4,75; (2) aspek konten/materi multimedia dinilai sangat layak dengan rata-rata4,8 dengan dan (3) aspek evaluasi dinilai sangat layak dengan rata-rata 4,8 dengan persentase 96%. Hasil respon guru fisika SMA Al-Ma’shum Kisaran yaitu baik dengan rata-rata 4 dengan. Berdasarkan hasil uji lapangan pada kelompok kecil, mobile learning yang dikembangakan mendapat respon sangat baik dengan rata-rata 4,2. Hasil uji lapangan pada kelompok besar, mobile learning berbasis android yang dikembangkan mendapat respon sangat baik dengan rata-rata 4,3. Tingkat keefektifan mobile learning berbasis android berdasarkan perhitungan menggunakan rumus N-gain diperoleh 0,74 dengan ketegori sangat baik. Dengan demikian mobile learning berbasis android pada materi pokok Hukum Newton tentang Gerak untuk kelas X SMA memenuhi kriteria kelayakan media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2021 FIS 133
Keywords: Mobile learning; Android; Hukum Newton; Gerak; Media pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 25 Nov 2021 05:52
Last Modified: 25 Nov 2021 05:52
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43926

Actions (login required)

View Item
View Item