Susana (2014) EFEK MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE BERBASIS PETA KONSEP TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA AR-RAHMAN MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 8126176020 Cover.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2. 8126176020 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (377kB) | Preview
3. 8126176020 Abstrak.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
4. 8126176020 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
5. 8126176020 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (862kB) | Preview
6. 8126176020 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
7. 8126176020 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
8. 8126176020 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
9. 8126176020 Bab I.pdf - Published Version
Download (782kB) | Preview
10. 8126176020 Bab V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
11. 8126176020 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui perbedaan aktivitas dengan model pembelajaran menggunakan Learning Cycle berbasis peta konsep dan Learning Cycle.(2) Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran menggunakan Learning Cycle berbasis peta konsep dan Learning Cycle. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA AR- RAHMAN Semester 2 T.P 2013/2014. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas dengan jumlah sampel 74 orang yang ditentukan dengan Purposive sampling, yaitu X-1 sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Learning Cycle Peta Konsep sebanyak 36 orang dan X-2 sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Learning Cycle sebanyak 38 orang. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar terdiri dari 17 soal dalam bentuk pilihan berganda dan lembar observasi aktivitas. Uji persyaratan telah dilakukan berupa normalitas dan homogenitas, yang diperoleh hasil bahwa data normal dan homogen. Hipotesis dianalisis menggunakan uji t pada taraf signifikan 0.05 dengan bantuan SPSS 17.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Model pembelajaran learning cycle berbasis peta konsep lebih baik dalam meningkatkan aktivitas siswa daripada model pembelajaran learning cycle. (2) Model pembelajaran learning cycle berbasis peta konsep lebih baik dalam meningkatkan hasil belajar fisika siswa daripada model pembelajaran learning cycle.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 2 Sus e |
Keywords: | Learning cycle; Peta konsep; Teori konstruktivisme; Model pembelajaran; Aktivitas belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 20 Apr 2016 04:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4389 |