Sundari and Masúd, Abdu (2020) Lesson Learn Lesson Study For Learning Community (LSLC) Sebagai Inovasi Pembelajaran Abad 21 Bagi Guru KKG Gugus 1 Kota Ternate Selatan. In: SEMINAR NASIONAL BIOLOGI DAN PEMBELAJARANNYA KE-VI 2020 JURUSAN BIOLOGI, FMIPA, UNIMED, 7 November 2020, Universitas Negeri Medan.
Article.pdf - Published Version
Download (746kB) | Preview
Abstract
Guru yang profesional mampu menciptakan inovasi dalam pembelajaran. Filosofi Lesson Study pada saat ini berkorelasi dengan karakteristik pembelajaran abad 21 yaitu: berpikir kritis, kreatif, komunikatif dan kolaboratif. Penelitian deskriptif kualitatif bertujuan untuk mengintegrasikan Lesson Study for Learning Community (LSLC) sebagai Inovasi Pembelajaran Abad 21 Pada Guru SD di KKG Gugus 1 Kota Ternate Selatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru SD kelompok KKG gugus 1 di Kota Ternate selatan 81% telah memahami filosofi dan teknik pelaksanaan Lesson Study terkini; 80% guru telah mampu mengimplementasikan plan-do-see; 79% guru telah mampu berpikir kritis melalui analisis refleksi dan 79% guru telah mampu berkolaborasi saat merancang Desain Pembelajaran. Lesson study for learning community merupakan salah satu teknik untuk mengembangkan dan menerapkan inovasi pembelajaran bagi guru di abad ke-21.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | lslc; inovasi pembelajaran; abad 21; kolaborasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 22 Nov 2021 03:42 |
Last Modified: | 22 Nov 2021 03:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43886 |