ANALISIS PEMANFAATAN BRAINLY SEBAGAI SUMBER BELAJAR ONLINE PADA MATERI SISTEM KOORDINASI

Ramadhani, Siska and Pulungan, Ahmad Safwan S. (2020) ANALISIS PEMANFAATAN BRAINLY SEBAGAI SUMBER BELAJAR ONLINE PADA MATERI SISTEM KOORDINASI. In: SEMINAR NASIONAL BIOLOGI DAN PEMBELAJARANNYA KE-VI 2020 JURUSAN BIOLOGI, FMIPA, UNIMED, 7 November 2020, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (672kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan Brainly sebagai sumber belajar online pada materi sistem koordinasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif murni dimana pengumpulan datanya dilakukan dengan teknik kuesioner (angket terbuka) sehingga mampu menggali lebih dalam tentang pemanfaatan Brainly sebagai salah satu sumber belajar online pada materi sistem koordinasi. Sebagai objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 15 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 202 siswa, dengan sampel sebanyak 99 siswa dengan menggunakan teknik random sampling. Adapun hasil dari penyebaran angket dapat diketahui bahwa semua siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 15 Medan memiliki smartphone dan laptop. Semua siswa memanfaatkan lebih dari satu sumber belajar online dalam proses pembelajaran Biologi khususnya pada materi sistem koordinasi. Salah satu sumber belajar yang dimanfaatkan siswa adalah Brainly. Frekuensi siswa memanfaatkan Brainly sebagai sumber belajar online yaitu sebanyak 3 kali seminggu sampai 5 kali seminggu. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa Brainly adalah salah satu jenis sumber belajar online yang dimanfaatkan oleh siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 15 Medan. Frekuensi mengakses Brainly sebagai salah satu sumber belajar online pada sampel siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 15 Medan tahun pelajaran 2019/2020 untuk kebutuhan belajar sebanyak 3-5 kali seminggu.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Pemanfaatan; Brainly; sumber belajar online; sistem koordinasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 22 Nov 2021 03:12
Last Modified: 22 Nov 2021 03:12
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43882

Actions (login required)

View Item
View Item