ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM SARAF DI KELAS XI MIA SMA SWASTA IMELDA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020

Silaen, Rizky Antonius and Hasanah, Uswatun (2020) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM SARAF DI KELAS XI MIA SMA SWASTA IMELDA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020. In: SEMINAR NASIONAL BIOLOGI DAN PEMBELAJARANNYA KE-VI 2020 JURUSAN BIOLOGI, FMIPA, UNIMED, 7 November 2020, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (697kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui kesulitan belajar siswa dan apa saja faktor yang menyebabkan kesulitan dalam mempelajari materi sistem saraf di kelas XI MIA SMA Swasta IMELDA Medan T.P 2019/2020. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA. Sampel diambil menggunakan total sampling, metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pilihan berganda dan angket. Data dianalisis menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Persentase tingkat kesulitan belajar siswa pada aspek kognitif soal pengetahuan (C1) sebesar 41.49 %, pemahaman (C2) sebesar 44.14 %, aplikasi (C3) sebesar 59.10 %, analisis (C4) sebesar 67.17 %, evaluasi (C5) sebesar 54.89 %, dan kreasi (C6) sebesar 79.79 %. (2) Selanjutnya aspek pada Indikator pertama sebesar 75.32%, indikator kedua 64.99%, indikator ketiga 59.10 % dan indikator keempat 58.30%. (3) Faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa di tinjau dari aspek internal maupun eksternal. faktor internal meliputi: kesehatan sebesar 70.74 %, daya ingat sebesar 60.37 %, minat sebesar 59.75 %, motivasi sebesar 65.07 %, dan psikis sebesar 61.44 %. Sedangkan pada aspek eksternal meliputi: kualitas guru sebesar 56.21 % , metode pengajaran sebesar 59.71 %, sarana dan pra sarana sebesar 56.29 %, keluarga sebesar 58.16 %, dan faktor lingkungan sebesar 64.63 %.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Aspek kognitif; Aspek indikator; Kesulitan Belajar; Sistem saraf
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 22 Nov 2021 02:54
Last Modified: 22 Nov 2021 02:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43877

Actions (login required)

View Item
View Item