KONTRIBUSI MICRO TEACHING TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KOMPETENSI PROFESIONAL MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI DALAM MENGAJAR TERBIMBING

Alwaliyyu, Rafi and Suriani, Cicik (2020) KONTRIBUSI MICRO TEACHING TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KOMPETENSI PROFESIONAL MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI DALAM MENGAJAR TERBIMBING. In: SEMINAR NASIONAL BIOLOGI DAN PEMBELAJARANNYA KE-VI 2020 JURUSAN BIOLOGI, FMIPA, UNIMED, 7 November 2020, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (686kB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Medan menerapkan Kurikulum berbasis KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) untuk mencetak calon guru yang berkompetensi. Program yang sudah dijalankan dan merupakan aplikasi dari KKNI di Universitas Negeri Medan untuk meningkatkan kompetensi calon guru adalah dengan memberikan mata kuliah Micro Teaching dan mata kuliah Mengajar Terbimbing. Pelaksanaan mata kuliah Micro Teaching harus memberikan kontribusi yang besar bagi pelaksanaan mata kuliah Mengajar Terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan mahasiswa mengenai kontribusi Micro Teaching terhadap kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional mahasiswa Pendidikan Biologi dalam Mengajar Terbimbing. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan metode penelitian yang bersifat deskriptif kuantitatif jenis studi korelasional. Tanggapan mahasiswa terhadap pelaksanakaaan mata kuliah Micro Teaching sebesar 73% pada kategori tinggi yang tersebar pada indikator-indikator mata kuliah Micro Teaching. Tanggapan mahasiswa terhadap kompetensi pedagogik dan professional dalam Mengajar Terbimbing sebesar 62,5 % pada kategori tinggi yang tersebar pada indikator-indikator mata kuliah Mengajar Terbimbing. Ada hubungan yang signifikan antara tanggapan mahasiswa terhadap kontribusi Micro Teaching dengan tanggapan mahasiswa terhadap kompetensi pedagogik dan profesional dalam Mengajar Terbimbing dengan koefisien korelasi sebesar 0,82, uji t yaitu thitung (11,28) > ttabel (1,999) dan kontribusi Micro Teaching terhadap kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional dalam Mengajar Terbimbing sebesar 67%.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Micro Teaching; Mengajar Terbimbing; KKNI; Kompetensi Pedagogik; Kompetensi Profesional
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC1031 Competency based education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 22 Nov 2021 02:13
Last Modified: 22 Nov 2021 02:13
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43875

Actions (login required)

View Item
View Item