Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas X Pada Materi Protista Menggunakan Tes Diagnostik Dua Tingkat

Sihombing, Malin Sonia Gira (2020) Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas X Pada Materi Protista Menggunakan Tes Diagnostik Dua Tingkat. In: SEMINAR NASIONAL BIOLOGI DAN PEMBELAJARANNYA KE-VI 2020 JURUSAN BIOLOGI, FMIPA, UNIMED, 7 November 2020, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (755kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui kesulitan belajar siswa kelas X IPA pada materi protista menggunakan tes diagnostik dua tingkat dan faktor- faktor penyebab utamanya. Metode penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi seluruh SMA Negeri yang ada di Kabupaten Deli Serdang berjumlah 20 sekolah. Sampel diambil secara purposive sampling berjumlah 5 sekolah. Teknik pengumpulan data adalah instrumen tes diagnostik berganda dua tingkat (two-tier multiple choice) dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan belajar kategori miskonsepsi tertinggi pada indikator menjelaskan ciri-ciri morfologi protista, dan tidak paham tertinggi pada indikator menganalisis dasar pengelompokkan protista. Faktor-faktor utama penyebab kesulitan belajar siswa terdiri dari faktor sarana dan prasarana pada aspek kegiatan praktikum serta faktor keabstrakan dari materi protista.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: kesulitan belajar; protista; two-tier diagnostic test
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QH Natural history
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 22 Nov 2021 01:28
Last Modified: 22 Nov 2021 01:28
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43869

Actions (login required)

View Item
View Item