ANALISIS LITERASI SAINS MATERI EKOSISTEM PADA BUKU TEKS BIOLOGI KELAS X DI KECAMATAN PANCUR BATU

Pardede, Lastiar H. (2020) ANALISIS LITERASI SAINS MATERI EKOSISTEM PADA BUKU TEKS BIOLOGI KELAS X DI KECAMATAN PANCUR BATU. In: SEMINAR NASIONAL BIOLOGI DAN PEMBELAJARANNYA KE-VI 2020 JURUSAN BIOLOGI, FMIPA, UNIMED, 7 November 2020, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (647kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tingkat literasi sains materi ekosistem pada buku teks biologi kelas X SMA di Kecamatan Pancur Batu, Deli Serdang berdasarkan 4 dimensi literasi sains. Sampel dalam penelitian ini adalah tiap halaman yang memuat materi ekosistem pada 3 buku teks Biologi kelas X dari penerbit berbeda yang digunakan di SMA Negeri 1 Pancur Batu, SMA Swasta Rakyat Pancur Batu dan SMA Swasta Anastasia. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi literasi sains sebagai batang tubuh pengetahuan paling dominan muncul dengan persentase sebesar 64,54% dan kriteria tingkat literasi sains-nya tinggi. Dimensi literasi sains sebagai proses menyelidiki proporsi kemunculannya lebih sedikit dibandingkan dimensi sains sebagai batang tubuh pengetahuan yaitu sebesar 20,74% dengan kriteria tingkat literasi sains rendah. Proporsi kemunculan dimensi literasi sains sebagai cara berpikir sebesar 10,72% dengan kriteria tingkat literasi sains rendah. Sementara, dimensi literasi sains dan hubungannya dengan teknologi dan masyarakat memiliki proporsi kemunculan paling sedikit dengan persentase 3, 97% dengan kriteria tingkat literasi sains rendah. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa materi ekosistem yang disajikan dalam buku teks Biologi tersebut sudah menggambarkan dimensi literasi sains, meskipun dengan proporsi yang tidak seimbang.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: literasi sains; ekosistem; buku teks
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 19 Nov 2021 09:26
Last Modified: 19 Nov 2021 09:26
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43867

Actions (login required)

View Item
View Item