Pengembangan LKPD 3R Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) pada Materi Perubahan Lingkungan SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan

Sihaloho, Chintia Monika and Manurung, Binari (2020) Pengembangan LKPD 3R Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) pada Materi Perubahan Lingkungan SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan. In: SEMINAR NASIONAL BIOLOGI DAN PEMBELAJARANNYA KE-VI 2020 JURUSAN BIOLOGI, FMIPA, UNIMED, 7 November 2020, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (686kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Kelayakan dan Efektifitas Lembar Kerja Peserta Didik berbasis STEM yang dikembangkan. Metode penelitian ini merupakan penelitian pengembangan 4-D yaitu: Pendefinisian (Define), Perancangan (Design), Pengembangan (Develop), Penyebaran (Disseminate). Subjek penelitian adalah ahli materi, ahli strategi pembelajaran, guru biologi, dan siswa kelas X-3 IPA SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan. Topik Lembar Kerja Peserta Didik berbasis STEM yang dikembangkan adalah perubahan lingkungan. Hasil penilaian Lembar Kerja Peserta Didik berdasarkan ahli materi memperoleh kategori sangat layak (92,70%), ahli strategi (93,75%), guru biologi (92,18%) dan tanggapan siswa (95,31%). Pada tes keefektifan siswa memperoleh nilai Pre-test dengan rata-rata (61,25), setelah penerapan menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis STEM siswa memperoleh nilai rata-rata Post-test (83,43). Berdasarkan uji Wilcoxon ditemukan bahwa terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara nilai pre-test dan nilai post-test (Z = 5,07; P = 0,000). Hasil uji N-gain dari pre-test dan post-test diperoleh nilai 0,77 dengan kategori “Tinggi”. Dapat disimpulkan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis STEM pada topik perubahan lingkungan yang telah dikembangkan efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam kategori tinggi.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik; STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics); Perubahan Lingkungan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QH Natural history
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 19 Nov 2021 04:18
Last Modified: 19 Nov 2021 04:18
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43850

Actions (login required)

View Item
View Item