Ginting, Siti Aisah and Meisuri and Bahri, Syamsul (2021) PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN SISWA MELALUI KEGIATAN SERVICE-LEARNING DALAM KERANGKA KAMPUS MENGAJAR. In: Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat "Penguatan Peran Perguruan Tinggi Dalam Meningkatkan Kualitas Hidup Di Era New Normal Melalui Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat", 8 September 2021, LPPM Universitas Negeri Medan.
Fulltext.pdf - Published Version
Download (697kB) | Preview
Abstract
Pandemi COVID-19 menimbulkan dampak negatif terhadap pembelajaran di berbagai jenjang pendidikan, termasuk Sekolah Menengah Pertama Swasta (SMP) Bina Bersaudara. Para guru merasa pembelajaran daring kurang efektif dan melelahkan. karena harus menghabiskan lebih banyak waktu, tetapi hasilnya jauh dari harapan. Tujuan pelaksanaan kegiatan pengabdian ini adalah untuk mengatasi permasalahan pembelajaran di sekolah ini, dengan memberikan pendampingan terhadap guru Bahasa Inggris melalui kegiatan Service-learning dalam pembelajaran luring. Melalui kegiatan Service-learning, para siswa mendapatkan semangat dan harapan baru untuk melaksanakan pembelajaran secara lebih baik. Selain itu, disarankan agar para guru lebih memanfaatkan pembelajaran secara berkelompok agar pelaksanaan pembelajaran lebih kondusif bagi anak-anak, dan pemanfaatan waktu lebih efisien untuk para guru. Hal lain yang ditekankan adalah pentingnya melibatkan peran kampus, khususnya mahasiswa dalam pendampingan guru serta siswa dalam memberikan bantuan sebagai tutor maupun fasilitator.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Service-learning; Kampus Merdeka; Tutori |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education |
Divisions: | Lembaga Penelitian |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 19 Nov 2021 03:45 |
Last Modified: | 19 Nov 2021 03:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43789 |