PERBEDAAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA YANG PEMBELAJARANNYA MENERAPKAN MODEL DISCOVERY LEARNING DAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING

Sinaga, Pretty Veronica (2021) PERBEDAAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA YANG PEMBELAJARANNYA MENERAPKAN MODEL DISCOVERY LEARNING DAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4173111061 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4173111061 COVER.pdf - Published Version

Download (453kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4173111061 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4173111061 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (638kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4173111061 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4173111061 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (657kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4173111061 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4173111061 PREFACE.pdf - Published Version

Download (519kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4173111061 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4173111061 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4173111061 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4173111061 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (666kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4173111061 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4173111061 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (519kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4173111061 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4173111061 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (504kB) | Preview

Abstract

Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa yang diajar dengan menggunakan model Discovery Learning dan model Problem Based learning dan mendeskripsikan tingkat kemampuan penalaran matematis siswa yang pembelajarannya menerapkan model Discovery Learning dan model Problem Based Learning. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Bunda Mulia Saribudolok yang berjumlah 6 kelas kemudian dilakukan pengambilan sampel dengan menggunakan teknik cluster sampling. Sampel yang digunakan sebanyak dua kelas yaitu kelas VIII-A sebanyak 30 orang dan kelas VIII-D sebanyak 25 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah pretest dan posttest yang berbentuk uraian. Pretest digunakan untuk mengetahui kemampuan awal siswa sedangkan posttest digunakan untuk mengetahui perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa setelah diberikan perlakuan yang berbeda. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji t 2 pihak dengan dk=53 dan ∝ =0,05, maka diperoleh thitung sebesar 6,26 dan ttabel sebesar 2,005 yang artinya thitung > ttabel atau H0 ditolak sedangkan H1 diterima sehingga dsimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa yang pembelajaran menerapkan model Discovery Learning dan model Problem Based Learning di SMP Bunda Mulia Saribudolok. Tingkat kemampuan penalaran matematis siswa yang pembelajarannya menerapkan model Discovery Learning dengan model Problem Based Learning ditinjau berdasarkan rata-rata nilai postest dalam setiap indikator. Pada indikator menyajikan pernyataan matematis rata-rata kelas yang menerapkan model Problem Based Learning lebih tinggi daripada model Discovery Learning. Pada indikator mengajukan dugaan, melakukan manipulasi matematis dan menarik kesimpulan rata-rata kelas yang menerapkan model Discovery Learning lebih tinggi daripada model Problem Based Learning.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2021 MAT 226
Keywords: Discovery learning; Problem based learning; Penalaran matematis; Kubus; Balok; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 17 Nov 2021 07:27
Last Modified: 17 Nov 2021 07:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43779

Actions (login required)

View Item
View Item