Sinaga, Pretty Veronica (2021) PERBEDAAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA YANG PEMBELAJARANNYA MENERAPKAN MODEL DISCOVERY LEARNING DAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4173111061 COVER.pdf - Published Version
Download (453kB) | Preview
2. NIM. 4173111061 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (638kB) | Preview
3. NIM. 4173111061 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (657kB) | Preview
4. NIM. 4173111061 PREFACE.pdf - Published Version
Download (519kB) | Preview
5. NIM. 4173111061 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
9. NIM. 4173111061 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (666kB) | Preview
13. NIM. 4173111061 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (519kB) | Preview
14. NIM. 4173111061 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (504kB) | Preview
Abstract
Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa yang diajar dengan menggunakan model Discovery Learning dan model Problem Based learning dan mendeskripsikan tingkat kemampuan penalaran matematis siswa yang pembelajarannya menerapkan model Discovery Learning dan model Problem Based Learning. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Bunda Mulia Saribudolok yang berjumlah 6 kelas kemudian dilakukan pengambilan sampel dengan menggunakan teknik cluster sampling. Sampel yang digunakan sebanyak dua kelas yaitu kelas VIII-A sebanyak 30 orang dan kelas VIII-D sebanyak 25 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah pretest dan posttest yang berbentuk uraian. Pretest digunakan untuk mengetahui kemampuan awal siswa sedangkan posttest digunakan untuk mengetahui perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa setelah diberikan perlakuan yang berbeda. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji t 2 pihak dengan dk=53 dan ∝ =0,05, maka diperoleh thitung sebesar 6,26 dan ttabel sebesar 2,005 yang artinya thitung > ttabel atau H0 ditolak sedangkan H1 diterima sehingga dsimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa yang pembelajaran menerapkan model Discovery Learning dan model Problem Based Learning di SMP Bunda Mulia Saribudolok. Tingkat kemampuan penalaran matematis siswa yang pembelajarannya menerapkan model Discovery Learning dengan model Problem Based Learning ditinjau berdasarkan rata-rata nilai postest dalam setiap indikator. Pada indikator menyajikan pernyataan matematis rata-rata kelas yang menerapkan model Problem Based Learning lebih tinggi daripada model Discovery Learning. Pada indikator mengajukan dugaan, melakukan manipulasi matematis dan menarik kesimpulan rata-rata kelas yang menerapkan model Discovery Learning lebih tinggi daripada model Problem Based Learning.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 MAT 226 |
Keywords: | Discovery learning; Problem based learning; Penalaran matematis; Kubus; Balok; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 17 Nov 2021 07:27 |
Last Modified: | 17 Nov 2021 07:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43779 |