Hasibuan, Yuliana (2021) ANALISIS PENGEMBANGAN MEDIA POCKET BOOK BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4173111086 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM 4173111086 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
3. NIM 4173111086 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
4. NIM 4173111086 PREFACE.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
5. NIM 4173111086 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
9. NIM 4173111086 BAB I.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
13. NIM 4173111086 BAB V.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
14. NIM 4173111086 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Hasil analisis keefektifan media pocket book terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa. (2) Hasil analisis pengaruh pendekatan matematika realistik (PMR) terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa. (3) Kelebihan media pocket book terhadap kemampuan pemahaman matematis. (4) kekurangan media pocket book terhadap kemampuan pemehaman matematis. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan metode penelitian studi kepustakaan (Library Reseacrh) dilakukan di Digital Library Universitas negeri medan dan di Sinta Indonesia. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari analisis didapat bahwa (1) Media pocket book sangat efektif dalam mempengaruhi kemampuan pemahaman matematis siswa. (2) penerapan pendekatan matematika realistik (PMR) pada proses pembelajaran terdapat pengeruh terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa, adapun hasil rata-rata besar pengaruh pendekatan matematika realistik yaitu dengan besar pengeruh rata-rata 0,921 terdapat pada kategori sangat besar. (3) kelebihan media pocket book yaitu dapat dapat dipelajari kapan pun dan dimana saja karena mudah dibawa dan penggabungan teks dan gambar mampu meningkatkan daya Tarik dan pemahaman siswa. (4) kelemahan media pocket book yaitu pembuatan waktu yang lama dan membutuhkan tenaga ekstra dari guru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 MAT 204 |
Keywords: | Pocket book; Effect size; Pemahaman matematis; Matematika realistik; Media pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 17 Nov 2021 06:53 |
Last Modified: | 17 Nov 2021 06:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43777 |