DUKUNGAN PENDIDIK REMAJA SEBAYA PADA KASUS PERUNDUNGAN DI ALAM MAYA PMI KOTA MEDAN

Milfayetty, Sri and Lubis, Zuraida and Barorah, Nani and Irawan, Mirza and Miswanto (2021) DUKUNGAN PENDIDIK REMAJA SEBAYA PADA KASUS PERUNDUNGAN DI ALAM MAYA PMI KOTA MEDAN. In: Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat "Penguatan Peran Perguruan Tinggi Dalam Meningkatkan Kualitas Hidup Di Era New Normal Melalui Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat", 8 September 2021, LPPM Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (593kB) | Preview
Official URL: lppm.unimed.ac.id

Abstract

Satu dari tiga remaja di tiga puluh negara termasuk Indonesia menjadi korban perundungan di alam maya. Hal ini mengakibatkan banyak remaja menjadi korban dan mengalami masalah kesehatan mental. Kondisi ini tidak bisa diabaikan dan perlu dikendalikan. Sehubungan dengan hal ini diselenggarakan suatu kegiatan untuk memberi dukungan pada pendidik remaja sebaya dalam mengedukasi remaja yang menghadapi perundungan di alam maya. Teknik seni kreatif diterapkan dalam proses pemberian pengalaman edukasi kepada peserta. Kegiatan dilakukan secara kolaboratif prodi Bimbingan Konseling FIP Unimed dan Fakultas Psikologi USU serta PMI Kota Medan. Metode pelaksanaan adalah pelatihan daring bagi pendidik remaja sebaya PMI Kota Medan yang bergabung dalam Project Asean Cyberbullying and Mental Health Training 2021. Kegiatan diselenggarakan pada bulan Juni 2021 hingga 31 Juli 2021. Tujuannya untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap peserta dalam mendampingi remaja menghadapi perundungan di alam maya. Evaluasi dilaksanakan dengan menggunakan format penilaian diri sendiri. Observasi dilakukan untuk mengamati penampilan peserta selama simulasi memberikan edukasi terhadap korban perundungan di alam maya. Hasil kegiatan ini menunjukkan kemampuan peserta untuk mendampingi korban perundungan di alam maya dari segi pengetahuan tentang konsep perundungan, keterampilan memberikan edukasi dan sikapnya sebagai relawan bertambah baik dibanding sebelumnya. Sejalan dengan ini dikemukakan pelatihan daring efektif untuk memberi dukungan pada pendidik remaja sebaya meningkatkan kemampuannya dalam mengedukasi yang menghadapi perundungan di alam maya.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Kolaborasi; Dukungan; Pendidik Remaja Sebaya; Perundungan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1140 Preschool education. Nursery schools
Divisions: Lembaga Penelitian
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 18 Nov 2021 12:38
Last Modified: 18 Nov 2021 12:38
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43773

Actions (login required)

View Item
View Item